Tim Hukum Prabowo-Sandi Sebutkan 3 Grup Media yang Dinilai Berafiliasi dengan Petahana

Daniel
Daniel

Tim Hukum Prabowo-Sandi Sebutkan 3 Grup Media yang Dinilai Berafiliasi dengan Petahana Denny Indrayana

Winnetnews.com - Sidang gugatan kubu pasangan calon nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno, dilakukan di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini, Jumat (14/6). Pada sidang sengketa pilpres kali ini, kubu nomor urut 02 membeberkan beberapa grup media yang dianggap tidak netral.

Menurut anggota tim hukum dari kubu Prabowo-Sandiaga, Denny Indrayana, ada beberapa grup media yang memang berafiliasi dengan pihak pasangan calon nomor urut 01 Joko Widodo dan KH Ma’ruf Amin.

Grup media yang dinilai berafiliasi dengan kubu pasangan calon 01 adalah Media Grup milik Surya Paloh yang terdiri dari Media Indonesia dan MetroTV. Lalu ada juga MNC Group yang dimiliki oleh Hary Tanoesoedibjo yang terdiri dari RCTI, Global TV, Koran Sindo, Okezone, iNews TV, dan Radio Trijaya. Satu lagi adalah Mahaka Group yang membawahi Parents Indonesia dan Republika.

“Media kritis dibungkam, sementara media yang pemiliknya berafiliasi kepada kekuasaan, dijadikan media propaganda untuk kepentingan kekuasaan,” jelas Denny pada sidang sengketa pilpres di Mahkamah Konstitusi hari ini, Jumat (14/6).

Atas dasar itu pula, menurut Denny seharusnya kedua pasangan calon memiliki akses yang sama ke media. Salah satu media yang menurut Denny netral yakni TV One, mengalami tekanan. “Dengan demikian telah terjadi upaya secara TSM (terstruktur, sistematis, dan masif) terhadap pers nasional dengan tujuan menguasai opini publik,” tambah Denny.

Apa Reaksi Kamu?