Tim Penyelam Ungkap Kondisi Bawah Laut saat Pencarian SJ182: Pesawat Hancur Total
Foto: Merdeka.com

Tim Penyelam Ungkap Kondisi Bawah Laut saat Pencarian SJ182: Pesawat Hancur Total

Selasa, 12 Jan 2021 | 16:30 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Tim Leader Indonesia Divers Rescue Team IDRT Bayu Wardoyo  membagikan ceritanya saat membantu pencarian pesawat Sriwijaya Air SJ182 di sekitar Pulau Laki dan Pulang Lancang. 

Ia mengatakan meski kondisi di sekitar lokasi cerah namun tetap ada sejumlah masalah saat penyelaman. 

"Cuma yang mesti kita dikasih tau mengenai kapan soal arus laut. Tapi visibilitas (jarak pandang) enggak begitu bagus. Ini 3 meter saja sudah bagus," kata Bayu di Kapal Negara (KN) SAR Basudewa, Kepulauan Seribu, Minggu (10/1).

Jarak pandang yang terbatas itu, menurutnya menyulitkan tim penyelam dalam proses pencarian pesawat.

"Tingkat visibilitas itu dari jarak pandang. Kalau dia jarak penglihatannya dekat berarti airnya keruh. Biasanya dekat daratan juga airnya keruh. Tapi dipengaruhi juga dengan arus. Kalau arus kencang itu sampahnya kebawa jadi lebih bening," ujarnya.

Selain itu, kendala lainnya menurut Bayu adalah terbatasnya waktu. Dikarenakan tim penyelam akan kesulitan apabila proses pencarian dilakukan malam hari.

"Kalau malam gelap, sebenernya kita bisa menyelam malam hari. Tapi risikonya lebih tinggi dan enggak efektif juga,"ujarnya.

Sementara itu, Anggota Tim Penyelam Kopaska TNI AL, Mayor Laut Edi Tirtayasa mengungkapkan pesawat Sriwijaya Air SJ182 sudah dalam kondisi hancur berkeping-keping saat dilakukan pencarian di sekitar Perairan Kepulauan Seribu, Jakarta.

“Di dalam laut ada serpihan pesawat. Pesawat hancur total,” ujar Edi.

Tim Kopaska TNI AL sebelumnya juga telah menemukan sejumlah bagian pesawat Sriwijaya Air SJ182. Penemuan tersebut kemudian diinformasikan oleh Komandan KRI Teluk Gilimanuk, Letkol Laut Fakhrul.

“Ini ada temuan, akan dibawa ke KRI Kurau,” kata Fakhrul di KRI Teluk Gilimanuk.

Sejumlah bagian pesawat yang ditemukan antara lain pecahan ban pesawat, pelampung penumpang, bagian kelistrikan pesawat, bagian badan pesawat warna biru merah, moncong pesawat, dan lainnya.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...