Timbulkan Kerumunan, PKS Minta Jokowi Setop Kegiatan Bagi-bagi Bingkisan
Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani

Timbulkan Kerumunan, PKS Minta Jokowi Setop Kegiatan Bagi-bagi Bingkisan

Kamis, 2 Sep 2021 | 11:35 | Anggara Putera Utama

Winnetnews.com -  Wakil Ketua Fraksi PKS DPR RI Netty Prasetiyani mengkritik aksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang membagikan bingkisan secara langsung ke masyarakat. Menurutnya, hal tersebut bisa memicu kerumunan.

Kritik Netty tersebut menanggapi perstiwa kerumunan yang terjadi saat Presiden Jokowi membagikan bingkisan ke masyarakat di Cirebon, Jawa Barat, Selasa (31/8). 

"Saya meminta pemerintah berhenti membuat kegiatan-kegiatan seperti itu (pembagian bungkusan secara langsung ke masyarakat)," kata Netty, dikutip dari Kompas, Kamis (2/9).

Menurutnya, di tengah kondisi kesulitan ekonomi seperti sekarang ini, masyarakat pasti akan menghadiri kegiatan bagi-bagi bingkisan itu karena ingin mendapat bantuan dari pemerintah.

"Wajar rakyat berkerumun demi mendapatkan bingkisan karena memang pembagiannya tidak dilakukan dengan baik. Yang datang melebihi jumlah bingkisan, jadi sudah dapat ditebak, rakyat akan rebutan," ujarnya.

Jika pemerintah memang ingin memberikan bantuan, Netty menyarankan lebih baik disiapkan dari jauh-jauh hari agar meminimalisasi terjadinya kerumunan.

"Bingkisan dapat juga disalurkan melalui pemda, rakyat didata, diberi kupon, dan diatur waktu pengambilannya. Jadi, tidak harus berkerumun dan rebutan seperti itu," katanya.

TAGS:

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...