Tingkatkan Bangun Pagi Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan
Ilustrasi bangun tidur. © mentalfloss.com

Tingkatkan Bangun Pagi Banyak Manfaatnya untuk Kesehatan

Sabtu, 21 Mar 2020 | 11:58 | Muchdi

Winnetnews.com -  Bangun lebih awal bisa menjadi salah satu hal yang paling sulit dan menyebalkan. Tetapi nyatanya banyak orang sukses yang mengaku memiliki kebiasaan bangun pagi dan menjadikannya sebagai kunci keberhasilan mereka.

Misalnya saja CEO Apple Tim Cook yang rajin bangun pukul 3.45 pagi, atau Oprah Winfrey dan Michelle Obama yang banyak diketahui acap bangun sebelum matahari terbit.

Melansir CNBC Make It, penulis buku "My Morning Routine: How Successful People Start Every Day Inspired" Benjamin Spall menguak rahasia sukses para tokoh terkenal. Hampir semua dari mereka memang punya kebiasaan bangun pagi sebelum pukul 6.

Hal ini bukanlah sesuatu kebetulan. Bangun pagi terbukti memberikan beragam manfaat, antara lain membantu meningkatkan fokus serta membuat hidup lebih terorganisasi.

Selain dipercaya menjadi kunci kesuksesan seseorang, bangun pagi-pagi sekali memiliki begitu banyak manfaat lain bagi kesehatan tubuh dan mental.

Mengutip berbagai sumber, berikut manfaat yang bisa dirasakan jika membiasakan bangun pagi.

- Mempertahankan pola makan sehat

Orang yang bangun pagi akan meluangkan waktu untuk memasak sendiri sarapannya, sementara orang yang bangun kesiangan cenderung makan makanan yang cepat saji dan tak sehat, bahkan tak jarang melewatkan sarapan. Tidak sarapan bisa membuatmu cepat lapar di siang hari sehingga merasa ingin makan apa pun tanpa terkontrol.

- Meremajakan kulit

Mirip dengan sarapan, orang yang bangun di siang hari cenderung kurang fokus melakukan kebiasaan pagi yang menyehatkan seperti olahraga. Berolahraga dapat meningkatkan kadar oksigen dalam darah serta merangsang produksi kolagen. Orang yang bangun rutin bangun pagi juga dapat memanfaatkan ekstra waktunya ekstra untuk melakukan perawatan kulit.

- Meningkatkan imunitas

Tak ada yang lebih menyegarkan ketika Anda dapat menghirup udara pagi yang segar bersamaan dengan merasakan kehangatan sinar matahari pagi.

Menurut professor Neurologi di Northwestern University Feinberg School of Medicine Phyllis C. Zee, MD, bangun pagi memberikan kesempatan bagi tubuh untuk untuk mendapat paparan sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh.

Ketika metabolisme tubuh bekerja dengan baik, maka tubuh mampu menjalankan berbagai fungsinya tanpa masalah.

- Bangun pagi membuat pribadi menjadi lebih proaktif

Seseorang yang bangun pagi cenderung memiliki kepribadian yang lebih proaktif. Perilaku proaktif tersebut disebabkan oleh meningkatnya fungsi kerja otak.

Menurut penelitian, peningkatan fungsi otak berkorelasi pada kemampuan berpikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah. Orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut juga cenderung lebih humoris dan memiliki banyak energi positif.

Selain dapat fokus pada tujuan dan daftar tugas tanpa terganggu oleh anggota keluarga atau rekan kerja, bangun lebih awal berarti pada saat Anda mulai bekerja atau sekolah, Anda punya waktu berjam-jam untuk menyesuaikan diri dengan baik pada hari itu. Anda akan lebih waspada selama jam sibuk sebagai hasilnya.

- Meningkatkan produktivitas

Kebanyakan orang sukses mengaku rata-rata bangun pukul 5 pagi atau bahkan lebih awal. Alasannya, mereka tak banyak terdistraksi sehingga memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada tugas-tugas penting.

Selain itu, kondisi otak dianggap paling siap saat pagi hari. Anda cenderung membuat keputusan yang lebih baik dan berpikir lebih jernih di pagi hari ketimbang pada sore dan malam hari.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...