Skip to main content

Tingkatkan Literasi Keuangan OJK Gandeng Perbanas Institute

Tingkatkan Literasi Keuangan OJK Gandeng Perbanas Institute
Tingkatkan Literasi Keuangan OJK Gandeng Perbanas Institute

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Merupakan lembaga negara yang berfungsi menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan yang terintegrasi terhadap keseluruhan kegiatan di dalam sektor jasa keuangan. OJK adalah lembaga yang independen dan bebas dari campur tangan pihak lain, yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. OJK didirikan untuk menggantikan peran Bapepam-LK dalam pengaturan dan pengawasan pasar modal dan lembaga keuangan, dan menggantikan peran Bank Indonesia dalam pengaturan dan pengawasan bank, serta untuk melindungi konsumen industri jasa keuangan.

Anggota Dewan Komisioner Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti mengatakan kerja sama tersebut juga untuk meningkatkan literasi keuangan, perluasan akses keuangan dan perlindungan konsumen.

"Kerja sama ini dilakukan atas dasar semangat kebersamaan dalam rangka pengembangan keilmuan (akademis) dan pengabdian masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa," ujarnya dalam siaran pers yang diterima Bisnis.com, Rabu (3/9/2015).

Ruang lingkup dalam kerjasama ini meliputi penelitian, pengajaran dan pengabdian masyarakat. Kerja sama di bidang penelitian dilaksanakan melalui kegiatan penelitian bersama atau pemberian bantuan penelitian yang terkait dengan pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan, perluasan akses keuangan dan perlindungan konsumen.

Dalam hal peningkatan literasi keuangan, lanjut OJK dan Perbanas Institute melakukan penyusunan silabus mata kuliah dan modul bersama terkait dengan pengenalan OJK dan industri jasa keuangan.

"Kami akan memfasilitasi narasumber untuk kegiatan training of trainer (ToT) maupun kegiatan lainnya seperti kuliah umum, workshop, seminar dan pelatihan yang terkait dengan sektor jasa keuangan," ucapnya.

Selain dengan Perbanas Institute, OJK telah melakukan kerjasama serupa dengan beberapa universitas, seperti Universitas Indonesia, Universitas Gadjah Mada, Universitas Diponegoro, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Wakhid Hasyim, Universitas Teknologi Sumbawa, Universitas Muhannadiyah Prof. Dr. Hamka, Indonesia Banking School, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis Indonesia (STIEBI), dan Sekolah Tinggi Manajemen IMMI (STIMA IMMI).

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top