Tips Agar BAB Lancar Saat Jalani Puasa

Rusmanto
Rusmanto

Tips Agar BAB Lancar Saat Jalani Puasa ilustrasi

Winnetnews.com - Melancarkan buang air besar saat puasa harus dilakukan dengan memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi saat berbuka dan sahur. Buah-buahan menjadi salah satu faktor penting dalam melancarkan buang air besar saat puasa.

Buang air besar tidak lancar tentunya akan membuat puasa menjadi terganggu. Apalagi bila hal ini menyerang di saat kamu menjalankan aktivitas sehari-hari yang memerlukan konsentrasi.

Cara melancarkan buang air besar saat puasa sebagian besar merupakan peran penting dari buah-buahan dan sayuran yang dikonsumsi saat sahur dan saat berbuka puasa. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui makanan dan minuman apa saja yang bisa melancarkan buang air besar saat puasa.

Berikut rangkuman tentang cara melancarkan buang air besar saat puasa dari berbagai sumber, Kamis (23/5/2019).

1. Pepaya

Mengonsumsi buah pepaya merupakan salah satu cara agar buang air besar lancar saat puasa. Kandungan serat pepaya dapat memenuhi kandungan serat harian kamu.

Buah pepaya memang sudah terkenal sebagai buah yang bermanfaat untuk melancarkan masalah pencernaan seperti susah buang air besar. Didukung oleh kandungan serat serta vitamin A yang baik untuk kesehatan pencernaan, buah pepaya dapat mengatasi masalah susah buang air besar kamu saat puasa bila rutin dikonsumsi selama sahur dan berbuka puasa. 

2. Melon

Selain pepaya, kamu juga bisa mengonsumsi melon untuk melancarkan buang air besar saat puasa. Kandungan mineral dalam buah melon yang sangat tinggi dapat menghilangkan keasaman tubuh yang dapat mengganggu sistem pencernaan.

Fungsi mineral dalam buah melon ini akan sangat terlihat jelas terutama pada organ lambung. Jadi buah melon sangat baik dikonsumsi sebagai obat alami untuk melancarkan masalah buang air besar kamu.

3. Sayuran hijau

Sayuran hijau idealnya dikonsumsi setiap hari agar tubuh selalu sehat. Apalagi buat kamu yang mengalami susah buang air besar saat puasa. Kandungan serat dan juga magnesium yang baik pada sayuran hijau dapat mengatasi masalah susah buang air besar ini.

Apalagi sayuran hijau ini sangat rendah kalori, memiliki kandungan air yang tinggi, dan padat nutrisi. Jadi tidak heran sayuran memang cocok disebut sebagai makanan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

4. Sayur Kol

Selain sayuran hijau, sayur kol atau kubis dapat melancarkan buang air besar saat puasa. Dengan kandungan serat serta berbagai vitamin seperti vitamin A, B, C dan E yang sangat baik untuk kesehatan pencernaan, maka kamu juga bisa mengonsumsi sayur kol ini bila tidak bisa mendapatkan opsi buah buahan atau sayuran hijau di atas.

 

5. Wortel

Sayuran selanjutnya yang dapat melancarkan buang air besar saat puasa adalah wortel. Hal ini didukung dengan kandungan serat tinggi yang ada pada wortel. Selain itu wortel juga mengandung betakaroten atau vitamin A dan zat gizi lainnya.

Dengan kandungan serat yang tinggi pada wortel, maka masalah susah buang air besar dapat teratasi dengan efektif. Hanya dengan mengonsumsi salah satu jenis sayuran ini dapat melancarkan buang air besar kamu.

6. Olahraga

Salah satu cara melancarkan buang air besar saat puasa adalah dengan melakukan kegiatan fisik seperti olahraga. Hal ini disebuang air besarkan karena olahraga dapat meningkatkan aktivitas otot di usus.

Dengan berolahraga kamu bisa mendapatkan pencernaan yang lancar di pagi hari, meredakan stress dan lebih berikir positif. Namun pastikan kamu melakukan olahraga yang ringan ringan saja karena olahraga berat malah akan membuat puasa menjadi semakin berat.

Olahraga seperti jogging, bersepeda, yoga, serta peregangan dapat membantu fungsi usus. Jadi untuk melancarkan buang air besar saat puasa, kamu bisa berolahraga ringan secara rutin menjelang buka puasa.

7. Minum Air Putih

Selanjutnya, cara melancarkan buang air besar saat puasa yang paling mudah dan juga efektif tentunya adalah memenuhi kebutuhan cairan harian, terutama air putih. Menerapkan pola minum air putih 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas saat sahur akan sangat efektif dalam menghilangkan susah buang air besar. Dengan tetap terhidrasi selama puasa, maka pencernaan akan lancar juga.

 

 

 


Artikel ini telah tayang di liputan6.com dengan judul "7 Cara Melancarkan Buang Air Besar Saat Puasa, Mudah dan Efektif"
 

Apa Reaksi Kamu?