Tips agar kaki tidak kram saat tidur.

Liani
Liani

Tips agar kaki tidak kram saat tidur.

Umumnya kaki kram tidak berbahaya, tetapi bila konstan terjadi maka Anda perlu memeriksa lebih lanjut ke dokter. Oleh karena itu, bila Anda memiliki aktivitas yang padat siang hari maka Anda perlu melakukan beberapa hal berikut agar kaki tidak kram saat tidur.

1. Pijat kaki

Lakukan pijat kaki sesering mungkin dengan menggosok otot secara menyeluruh. Sebab, memijat dapat kurangi masalah kram di malam hari.

2. Cek obat yang dikonsumsi

Apabila Anda sedang dalam perawatan dan harus minum obat, dan kaki Anda sering kram, maka bisa jadi itu karena faktor obat yang Anda konsumsi. Ada beberapa obat-obatan yang mengakibatkan Anda mengalami diuretik. Saat diuretik, Anda menguras kalium dalam tubuh, yang pada akhirnya menyebabkan kram.

3. Minum air tonik

Meminum 8 sampai 16 ons air tonik sebelum tidur dapat membantu menyembuhkan kaki kram. Namun, bagi wanita hamil, pengidap masalah ginjal, hati dan jantung perlu konsultasi lebih lanjut dengan dokter untuk ini.

4. Perhatikan postur tubuh

Perhatikan postur tubuh Anda saat duduk. Pastikan kedua kaki tetap menyentuh ke lantai. Pusat Kesehatan University of Maryland mengatakan bahwa duduk dengan kaki disilangkan dapat meningkatkan risiko kram.

5. Peregangan otot

Jadikan peregangan otot tepat sebelum tidur sebagai rutinitas. Peregangan yang dianjurkan yaitu stretching seperti para atlet lari. Sebab menurut Jim Mitterando, MD, otot-otot tegang yang diregangkan dapat mencegah kram di malam hari.

6. Tetap terhidrasi

Kaki kram bisa jadi disebabkan oleh keringat yang dihasilkan dari olahraga yang intens. Oleh karena itu, perlu meminum banyak air termasuk air elektrolit agar tubuh tetap terhidrasi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});