Tips Agar Tetap Fit Jalani Puasa Walau Tetap di Rumah
ilustrasi

Tips Agar Tetap Fit Jalani Puasa Walau Tetap di Rumah

Kamis, 21 Mei 2020 | 08:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Ada banyak perubahan pola hidup selama bulan puasa. Mulai dari pola tidur, pola makan, dan aktivitas sehari-hari selama Ramadan di rumah saja. 

Meskipun segala aktivitas hampir dilakukan di rumah, Ibu perlu memastikan setiap anggota keluarga bisa menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa. Agar selalu sehat dan fit, coba intip beberapa tips puasa sehat saat di rumah.

Tips puasa sehat selama di rumah saja

Semua orang berharap agar ibadah puasa berjalan lancar hingga akhir Ramadan. Ketahuilah, ada banyak manfaat puasa, salah satunya mengurangi reaksi inflamasi atau peradangan. Manfaat dari puasa bisa didapatkan secara optimal ketika Anda dapat menerapkan pola hidup sehat selama bulan puasa.

Untuk itu, Ibu bisa menerapkan tips di bawah ini agar keluarga tetap sehat dan bugar selama menjalankan ibadah Ramadan di rumah.

1. Minum 8 gelas air mineral

image0

Salah satu tantangan yang dihadapi saat berpuasa adalah potensi dehidrasi. Maka itu, kebutuhan hidrasi tubuh perlu tetap dipenuhi dengan baik, dengan cara cukup minum air saat sahur dan berbuka

Tidak ada perbedaan jumlah asupan air minum yang dibutuhkan tubuh saat berpuasa. Dianjurkan untuk tetap minum 8 gelas air mineral setiap hari. Kita perlu menjaga asupan gizi seimbang termasuk mineral yang memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi tidak dapat diproduksi di dalam tubuh. 

Pola minum air selama puasa dapat dilakukan pembagian 2-4-2, yaitu 2 gelas saat berbuka, 4 gelas antara buka dan sahur, dan 2 gelas lagi saat sahur. Ajak keluarga ikuti pola minum ini dan berikan juga contoh kepada si Kecil. 

Selain pentingnya memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh, Ibu juga perlu perhatikan kualitas air minum di rumah, karena tidak semua air itu sama. Pastikan sumber air dan proses pengolahan airnya, karena dua hal tersebut yang menentukan kualitas air minum.

Air mineral yang berkualitas, diambil dari sumber air pegunungan alami, yang ekosistem di sekitar sumbernya juga terlindungi. Kenapa hal ini penting? Karena akan menjaga kekayaan dan kealamian mineralnya, bermanfaat bagi kesehatan keluarga. Begitu juga dengan proses pengolahan airnya, harus higienis, terhindar dari kontaminasi bakteri, dan zat berbahaya. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...