Tips Agar Tetap Sehat Saat Mudik

Rusmanto
Rusmanto

Tips Agar Tetap Sehat Saat Mudik ilustrasi

Winnetnews.com -  Mudik adalah salah satu kultur khas Indonesia yang cukup menarik. Bagaimana tidak, jutaan orang rela melakukan perjalanan jauh baik itu dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum demi mencapai kampung halaman. 

Masalahnya adalah jika kita menggunakan transportasi umum bersama dengan pemudik lainnya, risiko tertular penyakit saat mudik pun meningkat.

Tips mencegah penularan penyakit saat mudik

Selain karena berada di tengah-tengah keramaian, ada banyak hal lain yang bisa membuat kita tertular penyakit saat mudik. Sebagai contoh, jika kita menggunakan sepeda motor atau memakai kendaraan roda empat yang terbuka, maka risiko terkena debu dan polusi udara akan meningkat. 

Selain itu, jika kita tidak memperhatikan kehigienisan makanan atau minuman yang dikonsumsi selama perjalanan dan malas mencuci tangan, maka risiko terkena penyakit pun akan semakin meningkat.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah penularan penyakit saat mudik.

1. Jaga kesehatan

Baik itu memakai transportasi umum atau kendaraan pribadi, kita harus benar-benar menyiapkan fisik dan mental dengan baik demi mencegah tubuh kelelahan atau jatuh sakit saat melakukan perjalanan mudik. Apalagi jika kita melakukannya di siang hari saat tubuh tidak mengonsumsi makanan atau minuman apapun.

Di saat waktu berbuka dan sahur, pastikan untuk selalu mengonsumsi makanan tinggi nutrisi dan mencukupi kebutuhan air putih demi membuat tubuh bugar. Hal ini juga akan membuat sistem kekebalan tubuh meningkat sehingga kita pun tidak akan mudah tertular penyakit.

Selain itu, kita juga bisa melakukan aktivitas fisik secara rutin. Tak harus yang berat, berjalan kaki, bersepeda, atau jogging di dekat waktu berbuka bisa semakin meningkatkan kebugaran sehingga membuat kita tidak mudah jatuh sakit.

2. Mengonsumsi vitamin

Meski sudah mengonsumsi makanan tinggi nutrisi, tak ada salahnya jika kita mengonsumsi vitamin seperti vitamin C atau multivitamin tambahan. Vitamin C bisa membantu sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat sehingga kita pun tidak akan mudah tertular atau terkena penyakit saat menjalani mudik.

Selain vitamin C, kita juga bisa mengonsumsi suplemen zinc. Jika perlu, kita bisa meminta saran ke dokter demi mendapatkan saran konsumsi vitamin yang tepat.

3. Istirahat dengan cukup setiap hari

Banyak orang yang mengalami masalah kurang tidur di bulan puasa. Hal ini disebabkan oleh waktu sahur yang ada di dini hari. Jika kita masih terbiasa tidur larut, maka hal ini tentu akan membuat kita kurang istirahat. Masalahnya adalah kurang istirahat juga bisa berimbas pada menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Jika kita akan memakai kendaraan sendiri, pastikan untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, yakni 7-8 jam agar badan terasa segar dan bugar untuk melakukan perjalanan jauh.

Apa Reaksi Kamu?