(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tips Atasi Gatal Selangkangan Dan Cara Mencegahnya

Oky
Oky

Tips Atasi Gatal Selangkangan Dan Cara Mencegahnya sumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Tinea cruris atau lebih sering dikenal dengan sebutan jock itch, adalah kondisi ketika kita merasa gatal di bagian selangkangan akibat infeksi jamur.Jock itch sendiri disebabkan oleh infeksi jamur kulit yang disebut tinea.

Secara alami, jenis jamur ini memang hidup di rambut dan kuku yang enggak berbahaya, tapi akan menimbulkan infeksi jika berkembang di bagian tubuh yang lembab.Meskipun jock itch sering menganggu, tapi masih digolongkan ke infeksi ringan, yang artinya bisa kita obati.

Menyerang bagian tubuh yang lembab

Selangkangan merupakan salah satu lokasi jamur berkembang biak dengan cepat karena lembab dan hangat. Selain selangkangan bagian lain yang menjadi tepat berkembangnya jamur dengan cepat adalah paha bagian dalam dan bokong.

Infeksi jamur pada selangkangan enggak jarang disertai dengan rasa nyeri.Selain infeksi jamur, penyebab lain dari gatal pada selangkangan adalah iritasi pakaian dalam yang terlalu ketat atau infeksi bakteri pada vagina.

Gejala

Gejala yang sering terlihat adalah timbul kemerahan, gatal dan terasa seperti terbakar pada area yang terinfeksi.

Terkadang, kulit pada area tersebut juga mengalami pengelupasan dan semakin parah saat kita beraktifitas atau melakukan olahraga.Pada beberapa penderita, kulit pada area tersbut dapat berubah warna.

Cara mengatasi

Karena jock itch termasuk dalam infeksi ringan, artinya bisa kita obati. Untuk mengatasnya, kita dapat menggunakan krim atau bedak anti jamur. Pastikan mencuci bersih area yang terinfeksi dengan air sebelum mengaplikasikan bedak anti jamur. Gunakan secara merata dan teratur.

Ada kemungkinan saat kita menggaruk bagian yang terinfeksi, maka dapat menyebabkan terjadinya infeksi bakteri. Jika hal ini terjadi, kita perlu mendapat pengawasan dokter untuk pengobatan antibiotik.

*Yang perlu diwaspadai

Kita wajib memeriksakan kepada dokter jika terjadi kemungkinan berikut; gejala tidak membaik selama dua minggu, bahkan setelah menggunakan bedak anti jamur; gatal terjadi secara berulang-ulang; dan infeksi makin parah.

Cara mencegah

Mencegah lebih baik dari pada mengobati kan girls. Jadi ada baiknya kalau kita juga berkonsentrasi untuk mencegah resiko gatal pada selangkangan ini. Caranya adalah:

-Hindari terlalu lama mengenakan pakaian atau celana yang lembab dan ketat.

-Jangan berbagi baju atau handuk dengan orang lain

-Pilih pakaian dalam berbahan katun atau serat alami

-Gunakan alas kaki saat mandi di kamar mandi umum

-Segera cuci pakaian yang telah dgunakan setelah dipakai.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});