(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tips Belajar Bahasa Asing dengan Cepat dari Si Kembar Matthew dan Michael Youlden

Gunawan Wibisono
Gunawan Wibisono

Tips Belajar Bahasa Asing dengan Cepat dari Si Kembar Matthew dan Michael Youlden Matthew dan Michael Youlden/foto: Istimewa

WinNetNews.com - Kamu ada rencanaberpetualangke negara lain? Kamu harus mempunyai modal selain uang, apa itu ya kira-kira?Iya benar, jawabannya adalah bahasa. Bahasa merupakan satu hal yang paling penting jika sedang berpetualang di suatu negara, apalagi negara tersebut baru pertama kamu kunjungi. Tapi permasalahannya adalah, apakah kita bisa menguasai bahasa asing dalam waktu yang singkat? Nah iniada beberapa tips dan trik dari duo kembar yang menguasai 10 bahasa ini. Mereka melakukan tantangan untuk mempelajari bahasa asing dalam seminggu dari kota Berlin tempat mereka tinggal.Apa hal itu mungkin dilakukan dalam seminggu?

Pertanyaan ini yang ditanyakan oleh kembaran multilingual yang bernama Matthew dan Michael Youlden. Mereka memutuskan untuk mempelajari bahasa Turki dalam satu minggu. Delapan jam sehari didedikasikan untuk belajar dan bertekad memutuskan segala distraksi dari dunia luar.

Simak beberapa tips dan trik berikut:

1. Menetapkan Tujuan

Tentukan sedari awal tujuanmu belajar dan buat alur untuk mencapainya

Matthew dan Michael Youlden mempelajari bahasa untuk memberi tantangan dan mengukur kemampuan mereka. Pertanyaan selanjutnya bahasa apa? Turki merupakan opsi yang natural mengingat ada lebih dari 300.000 orang yang berbicara dengan bahsa Turki di Jerman. Ditambah beberapa area di pusat kota Jerman menggunakan aksara Turki, sehingga pilihan ini menjadi sangat masuk akal.

2. Konsisten

Petakan dan labeli lingkungan terdekatmu menggunakan bahasa baru.

Dengan cara ini kita akan membangun komunikasi pasif sembari tentang kehidupan rutin kita. Hal pertama yang dilakukan si kembar adalah memberi label pada semua benda yang ada di dalam apartemen mereka menggunakan bahasa Turki. Lalu berlatih untuk melafalkannya setiap melakukan kegiatan kecil seperti membuat kopi.

3. Temukan Patner

Belajar bersama rekan yang memiliki tujuan yang sama akan membuatmu lebih termotivasi

Memiliki rekan bisa saja membuatmu termotivasi karena ingin menjadi lebih baik atau merasa punya tanggung jawab bersama, punya seorang patner belajar akan memberikan tekanan yang cukup untuk membuatmu tetap pada jalurnya. Si kembar membagi topik-topik yang harus dipelajari sehingga keduanya menjadi sumber ilmu satu sama lain. Lakukan tes kecil sesekali, misalnya berbicara hanya menggunaan bahasa Turki, seperti meminta teh, memasak atau hal sederhana lainnya.

4. Ukur Tingkat Pencapaian

Penting untuk memberi apresiasi untuk tiap tingkatan yang telah dicapai dalam perjalanan mencapai tujuan ini

Tingkatan ini bisa berupa pencapaian dari tantangan-tantangan kecil yang telah berhasil dilalui, misal mempersiapkan kosa kata yang bisa digunakan. Kepuasan dari setiap pecapaian ini akan membuatmu menjadi lebih bersemangat untuk mencapai tujuan yang lebih besar lagi.

Dalam seminggu, saudara kembar ini memiliki banyak tantangan kecil. Salah satunya mengundang teman mereka yang berkebangsaan Turki untuk menguji bahasa Turki mereka, mempelajari nama buah-buahan dalam bahasa Turki, mempelajari bilangan, mengunjungi pasar Turki di Kreuzberh dan berbelanja menggunakan bahasa Turki.

5. Kunyah Bahasa Ini

Temukan cara untuk mengikat diri dengan bahasa baru ini. Lingkupi diri dengan segala hal tentang bahasa ini seperti makanan, musik dan film.

Saudara kembar ini memenuhi apartemen mereka dengan segala snak Turki. Seperti anak kecil yang membaca setiap label nutrisi dari makanan yang mereka makan lalu kemudian menganalisanya berdua. Tiada waktu tanpa proses pembelajaran ini, kadang-kadang keinginan mereka surut namun tak pernah benar-benar hilang.

6. Gunakan Pengetahuan Anda

Semakin dalam anda menggali suatu informasi semakin mudah hal tersebut diingat.

Si kembar terus menerus menggunakan segala ilmu yang telah mereka miliki sebelumnya. Salah satu kata yang sering muncul “akh.. seperti ini kata ini lebih tepat begini…” Karena tak jarang ketika mempelajari beberapa bahasa, kamu menyadari asal dari sebuah kata mungkin saja sama dengan bahasa ibumu.

7. Variasi Adalah Bumbu Kehidupan

Selalu mencoba hal-hal baru di luar semua kegiatan rutin yang sudah diplot. Selalu gunakan bahasa baru anda seperti bahasa asli.

Kembaran ini banyak membaca dan bermain komputer atau menggunakan apps dalam bahasa Turki. Kadang-kadang mereka mendengarkan radio Turki, menulis atau menonton pertandingan Turki di web. Tidak ada metoda pasti ataupun alat untuk mempelajari sebuah bahasa baru. Bahasa itu termasuk menulis, berbicara, membaca dan mendengar.

Lakukan hal-hal baru setiap hari, dengarkan lagu murahan, membaca koran politik, menuliskan cerita untuk anak kecil atau bahkan lakukan drama kecil yang bisa dipentaskan ketika anda sendang memasak. Hal-hal baru ini akan menambah kenikmatanmu dalam belajar bahasa baru!

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});