Tips Berwisata Bersama Anak-anak

Tips Berwisata Bersama Anak-anak

WinNetNews.com - Pergi membawa anak-anak akan sangat merepotkan pastinya, terlebih anak-anak tersebut masih bayi/balita. Selain sulit diprediksi, emosi anak-anak cepat berubah dan sulit diatur. Jika sedang rewel, perjalanan wisata yang menyenangkan bisa berubah menjadi suatu hal yang menjengkelkan.

Melansir dari laman liputan6.com berikut 6 tips agar aktivitas wisata bersama anak-anak menjadi menyenangkan. Yuk disimak..

1. Perhatikan Iklim

Terdengar sederhana memang. Namun tahu lebih awal mengenai iklim dan cuaca selama di perjalanan dan di tempat tujuan wisata, akan membantu orangtua untuk memilihkan pakaian yang tepat dan nyaman bagi anak-anak. Dengan semua perlengkapan pakaian yang tersedia, tidak ada alasan bagi anak untuk berpakaian yang sama pada cuaca dan iklim normal.

2. Libatkan Anak

Melibatkan anak dalam memilih tempat wisata yang akan dituju, lebih baik ketimbang harus berlama-lama di depan monitor dengan perangkat browsing. Mengetahui lebih awal kehendak dan minat anak, dapat meminimalisasi kebosanan anak saat berada di tempat tujuan wisata, dan tentu menjadikan perjalanan wisata bersama mereka menjadi sangat menyenangkan.

3. Booking di Awal

Membayar segala sesuatunya di awal akan membantu Anda agar tidak perlu repot saat sedang di perjalanan maupun saat sampai di lokasi tujuan wisata. Jangan sampai anak-anak Anda tidur di rumah ibadah atau di pelataran stasiun karena Anda kehabisan tempat penginapan.

4. Gunakan Kendaraan Umum

Jika sistem transportasi di daerahmu memungkinkan untuk berwisata menggunakan kendaraan umum, itu lebih baik. Berwisata menggunakan kereta maupun bus membantu anak-anak dalam merangsang rasa ingin tahu mereka terhadap suatu hal baru. Namun orangtua perlu mempunyai pengetahuan yang lebih jauh agar dapat menjawab setiap pertanyaan yang dilontarkan anak-anak.

5. Beri Mereka Kamera

Ini tidak berlebihan. Bagi anak-anak setelah balita, pemberian kamera saat berwisata akan mendorong mereka mengamati lingkungan dari sudut pandang mereka sendiri. Anda akan terkejut dengan hasil jepretan mereka, sudut pandang anak-anak terhadap suatu kejadian akan memudahkan Anda untuk memetakan minat mereka saat dewasa.

6. Dorong Mereka untuk Buat Jurnal Perjalanan

Biasakan untuk mengajak mereka menggambar atau menulis segala hal yang telah mereka lihat saat berwisata, baik pemandangan alam, keindahan fauna, maupun makanan yang belum pernah mereka coba sebelumnya. Ajaklah mereka untuk menulis apapun yang pernah mereka lihat, di balik kartu pos bergambar tujuan wisata yang Anda kunjungi, akan menjadi kenangan yang tak akan terlupakan saat mereka dewasa kelak.

(nay)