Tips Bikin Secangkir Kopi Dingin yang Sempurna

Tips Bikin Secangkir Kopi Dingin yang Sempurna Sumber foto : Istimewa

Winnetnews.com - Menikmati secangkir kopi hangat di pagi hari memang nikmat rasanya. Apalagi ditambah sepiring pisang goreng tentu menambah semangat pagi hari.

Namun tak ada salahnya menikmati kopi dalam keadaan dingin. Rasanya tak kalah nikmat, apalagi jika cuaca sedang terik.

Anda mau tahu cara membuat kopi dingin yang sempurna? Simak penjelasan dari seorang ahli dalam pembuatan kopi dingin yang sempurna, Richard Nieto. Dia adalah pemilik Sweetleaf Coffee Roasters di New York City dan dia biasanya membuat 50 galon minuman dingin sekaligus untuk kafe-kafenya.

"Saya yakin kamu tidak ingin melakukan itu. Jadi saya akan mengajarimu bagaimana membuat minuman dingin yang sempurna di rumah," ujarnya seperti dilansir dari laman Fox News, Jumat (13/4).

Nieto pertama kali menyarankan Anda memulai dengan biji kopi utuh yang baru dipanggang. "Roaster Anda seharusnya memberi Anda tanggal panggang di kantong kopi Anda, jadi pastikan Anda mencari salah satu dari itu."

Dia juga mengungkapkan kesalahan mereka yang berkutat dengan meracik kopi dengan membuat giling kopi terlalu halus atau terlalu kasar. Mulai dengan setengah jalan antara pengaturan tengah pada grinder Anda dan pengaturan kasar, kata Nieto.

Jika Anda menemukan kopi Anda asam, maka giling lebih halus. Jika Anda merasa sedikit pahit, maka gilinglah dengan kasar.

Pemilik Sweetleaf melanjutkan dengan membagi prosesnya selangkah demi selangkah, mengungkapkan rasio ideal air ke kopi (11 gram air per 1 gilingan kopi). Namun, begitu matematika sudah diketahui, prosesnya menjadi lebih jelas.

Mulai dengan biji kopi panggang, segar  Mengukur rasio 11 bagian air hingga 1 bagian penggilingan. Tempatkan kopi di dalam wadah dingin. Tuangkan air dingin ke dalam wadah tunggu 10 menit, kemudian aduk dengan sendok, lalu letakkan ke dalam botol. Tunggu sekitar 18 jam. Lepaskan sumbat dan nikmati kopi Anda.