Tips Cerdas Pilih Hewan Kurban

Tips Cerdas Pilih Hewan Kurban

Senin, 6 Agt 2018 | 13:58 | kontributor

winnetnews.com - Besok, umat iIslam di dunia akan merayakan hari raya Idul Adha 1438 H yang identik dengan pemotongan hewan kurban.  Selama 3 hari umat Islam akan menyembelih hewan kurban yang dikenal sebagai hari tasrik. Adapun hewan yang bisa digunakan sebagai sembelihan untuk berkurban diantaranya, kambing jawa, domba, unta, sapi, kerbau.

Ada beberapa kriteria yang harus dipenuhi untuk menjadikan hewan sebagai kurban.  Singkatnya, hewan yang akan dikurbankan haruslah sehat, gemuk, cukup umur, dan kuat. Ini adalah salah satu bentuk keyakinan dan kesungguhan manusia dalam berkurban.

Agar tidak salah, berikut ini ada beberapa tips yang harus benar-benar kamu perhatikan dalam membeli hewan kurban.

Umur hewan

Umur hewan kurban untuk kambing dan domba haruslah 12 sampai 18 bulan. Sedangkan kerbau kamu bisa memilih yang usianya 22 bulan. Untuk mengetahui umur hewan kurban adalah dengan mengamati giginya. Jika gigi susu bagian depan sudah tanggal, artinya hewan sudah berumur 12-18 bulan. Sementara untuk gigi susu Sapi baru tanggal di usia 22 bulan.

Hewan Sehat

Pastikan aktivitas hewan kurban yang akan kamu beli lincah dan tidak pincang. Kambing yang aktif biasanya tidak sedang sakit. Selain itum hewan yang sehat memiliki bulu yang halus, mengkilap, tidak rontok dan tidak berjamur (kutu). Hewan yang sehat juga memiliki mata yang jernih, terbuka penuh, tidak keluar air, pupil bereaksi cepat dan selaput lendir kelopak mata bagian dalam berwarna merah penuh. Hewan yang sakit akan bermata keruh dan belekan

Tubuh hewan

Pilih hewan kurban yang bertubuh standar, yakni memiliki punggung yang rata, tanduk yang seimbang, keempat kakinya simetris dan berpostur tubuh ideal, yakni perpaduan perut, kaki depan dan belakang, leher, kepala yang seimbang.

Mulut hewan

Perhatikan juga dibagian mulut hewan kurban yang ingin kamu beli. Jika mulut hewan basah sekali dan banyak air liur yang keluar atau banyak ditemukan bintil-bintil merah, hewan tersbut wajib diwaspadai.

Hidung hewan

Perhatikan juga hidung hewan kurban, pilihlah hewan qurban dengan hidung yang basah dan tidak mengeluarkan cairan serta mempunyai selaput lender yang berwarna terang.

kuku hewan

Perhatikan celah kuku hewan kurban. Pastikan celah kuku bersih, tidak ada luka, tidak ada peradangan dan tidak ada pembengkakan.

Dubur dan anus

Perhatikan juga  bagian dubur atau anus. Pastikan bagian dubur kering dan tidak menunjukkan tanda-tanda diare.

Kulit hewan

Pastikan hewan yang akan kamu beli tidak mempunyai penyakit kulit seperti korengan dan jamuran, karena itu merupakan salah satu syarat dari hewan kurban.

 

 

 

 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...