(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tips Daftar SBMPTN 2016

Nadia Chevina
Nadia Chevina

Tips Daftar SBMPTN 2016
WinNetNews.com - Pendaftaran Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2016 sudah di depan mata. Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini para peserta bisa memilih dua metode ujian, yakni computer based test (CBT) atau paper based test (PBT).

Sebelum mendaftarkan diri, alangkah baiknya jika kamu mengetahui hal-hal terkait mekanisme SBMPTN 2016. Nah, supaya lebih mudah, simak beberapa tips berikut ini:

1. Ketahui mekanisme pendaftaran dan pembayaran

Pendaftaran dilakukan secara online melalui laman resmi SBMPTN. Namun, kamu tidak bisa begitu saja mendapatkan kartu peserta karena harus membayar biaya pendaftaran di bank. Tahun ini, ada dua bank yang melayani pembayaran pendaftaran SBMPTN 2016, yaitu Bank BNI dan Mandiri.

2. Tentukan pilihan kampus

Pemilihan kampus adalah hal yang penting pada pendaftaran SBMPTN. Ingat, jika mengambil lebih dari dua prodi, maka salah satu kampus harus berada di lokasi tempatmu melakukan ujian. Jadi pilih kampus yang bisa kamu akses secara mudah, baik untuk kepentingan ujian maupun saat nanti menjalani perkuliahan. Diskusikan dengan orangtua, terutama yang ingin jadi mahasiswa rantau.

3. Tentukan pilihan jurusan

Jangan sampai menyesal karena salah pilih jurusan. Namun, pikirkan juga bagaimana ketatnya persaingan di jurusan tersebut. Pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan.

4. Siapkan dokumen

Mulai sekarang, kumpulkan berkas-berkas penting menyangkut informasi data diri, seperti akte kelahiran, kartu keluarga, rapor, surat kelulusan, ijazah, pas foto dan lain sebagainya. Ingat, dokumen tersebut tidak hanya dibutuhkan disaat melakukan pendaftaran, tetapi juga untuk keperluan mendaftar ulang saat diterima nanti.

5. Teliti dan hati-hati

Jangan sampai ceroboh dalam menyiapkan maupun menjalani tahapan pendaftaran SBMPTN. Salah memasukkan data bisa membuat kamu tak dapat mengikuti ujian dah harus kehilangan kesempatan kuliah di kampus impian.

6. Cek-ricek

Sebelum melakukan finalisasi pendaftaran, tak ada salahnya meneliti kembali segala sesuatu yang telah kamu isi. Cek kembali, siapa tahu ada yang terlewat atau salah penulisan.

Dilansir:okezone

Foto: google

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});