Tips Diet Bagi Pemilik Golongan Darah A

Rusmanto

Dipublikasikan 9 hari yang lalu • Bacaan 2 Menit

Tips Diet Bagi Pemilik Golongan Darah A
ilustrasi
Winnetnews.com -  Golongan darah ternyata berpengaruh terhadap efektivitas diet yang sedang dijalani. Untuk mendapatkan hasil diet yang maksimal, orang yang bergolongan darah A bisa jadi berbeda makanan dietnya dengan orang yang bergolongan darah B.

Kalau selama ini Anda merasa diet yang sedang dijalani kurang berhasil, kemungkinan karena kebiasaan diet tidak sesuai dengan golongan darah Anda.

Dikutip dari Harvard Health Publishing, seorang dokter naturopati bernama Peter D'Adamo pada tahun 1996 menerbitkan buku yang menjelaskan bahwa seseorang bisa menerapkan diet dan mencapai berat badan ideal ketika mengonsumsi makanan yang sesuai dengan golongan darah yang dimiliki.

Buku tulisan D'Adamo itu sempat terkenal karena memaparkan bahwa pemilihan bumbu, rempah-rempah, bahkan jenis olahraga tertentu harus disesuaikan dengan golongan darah. Meski demikian, sampai saat ini belum ada penelitian lain yang mendukung penjelasan diet D'Adamo tersebut.

Bagi Anda yang bergolongan darah A, disarankan memilih buah, sayuran, dan makanan laut yang tepat. Anda diperbolehkan untuk memakan kalkun, tapi disarankan menghindari daging.

Selain itu, kalau Anda ingin diet, dianjurkan mengonsumsi nanas, minyak zaitun, dan kedelai. Di samping itu, Anda harus menghindari susu, gandum, jagung, dan kacang merah.

Dikutip dari Medical News Today, berikut ini tips diet untuk orang bergolongan darah A.

1. Protein hewani

Sebagian orang yang bergolongan darah A adalah vegetarian. Walau begitu, ada beberapa produk hewani yang boleh dikonsumsi. Contohnya ayam dan kalkun.

Khusus untuk program diet, Anda bisa mengonsumsi sebagian besar makanan laut. Hal tersebut termasuk salmon, ikan kembung, sarden, siput, hingga bandeng.

Sementara itu, ada banyak protein hewani yang harus dihindari, antara lain daging sapi, domba, rusa, bebek, angsa, lele, kerang, kepiting, lobster, belut, gurita, tiram, udang, dan cumi-cumi.

2. Kacang dan lemak

Seperti diketahui, kacang adalah makanan sumber protein dan lemak yang baik. Anda yang bergolongan darah A bisa mengonsumsi sebagian jenis kacang seperti kacang tanah, biji labu, dan kenari.

Tidak semua kacang boleh dimakan, ada juga kacang yang perlu dihindari orang bergolongan darah A. Kacang mete, pistachio, jagung, dan wijen adalah sejumlah kacang yang harus dihindari.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...