Tips Diet Kamuflase, Makan Enak Tapi Rendah Kalori

Rani
Rani

Tips Diet Kamuflase, Makan Enak Tapi Rendah Kalori

winnetnews.com - Seringkali sulit menahan diri untuk makan enak saat berdiet. Ada strategi mudah agar bisa makan enak tapi asupan kalori rendah.Makanan sehat identik dengan rasa kurang maksimal. Daripada terus konsumsi sayuran hambar, coba terapkan teknik pembuatan makanan dan strategi penyajian yang bisa membantu mengendalikan asupan kalori. Sehingga tidak makan berlebihan. Berikut beberapa caranya seperti dikutip dari Business Insider (29/4).

1. Pilih piring berwarna yang kontras dengan makanan

Jika tujuanmu adalah makan lebih sedikit untuk mengurangi kalori, pilihlah piring berwarna yang punya warna kontras dengan makanan. Taktik ini didasarkan pada penelitian Brian Wansink dari Cornell University dan Koert van Ittersum dari Wageningen University di Belanda. Mereka menemukan bahwa orang makan lebih banyak ketika sadar warna piringnya mirip makanan yang tersaji. Studi tersebut dipublikasikan dalam Journal of Consumer Research.

Jadi jika ingin lebih banyak makan sayuran hijau, sebaiknya gunakan piring hijau. Tapi bila mau mengontrol porsi karbohidrat tinggi kalori seperti roti, pasta, atau beras, maka jauhi piring putih, kuning atau jingga. Kamu bisa mempertimbangkan membeli piring warna biru yang kemungkinan tidak berbaur dengan banyak jenis makanan.

2. Makan di piring merah

Jika kamu tak ingin piring biru, gunakan taktik untuk menakut-nakuti. Charles Spence, kepala Crossmodal Research Laboratory di Oxford University dan penulis "Gastrophysics, The New Science of Eating," mengatakan piring merah membuat makan lebih sedikit. Karena tampak memicu semacam sinyal bahaya atau penghindaran. "Apa yang kamu gunakan untuk menyajikan makanan ternyata punya dampak pada persepsi rasa," ujar Spence kepada Business Insider.

Ia juga mengutip penelitian yang dilakukan Alicia Foundation di Spanyol. Mereka menemukan strawberry mousse dikatakan 10% lebih manis dan 15% lebih kaya rasa ketika dimakan pada piring putih dibanding piring merah. Padahal jenis makanannya serupa.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});