Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Punya Kolesterol Tinggi

Tips Diet Sehat Bagi Kamu yang Punya Kolesterol Tinggi

Winnetnews.com - Apakah Anda termasuk orang dengan kadar kolesterol jahat yang tinggi? Jika ya, maka Anda perlu lebih memerhatikan pola makan Anda supaya kolesterol tetap terkontrol dan tak sampai memicu penyakit lain.

Seperti disampaikan oleh nutrisionis Leona Victoria Djajadi, MND, bahwa kolesterol tinggi biasanya disebabkan oleh konsumsi makanan yang digoreng, kue-kue, serta makanan hasil olahan seperti sosis berlebihan.

"Bisa juga karena kebanyakan konsumsi santan, serta gula buatan berlebih. Makanya makanan-makanan tersebut sebaiknya dihindari," tutur Victoria.

Selain itu, sebaiknya perbanyak konsumsi sayur dan buah lebih banyak. Untuk sarapan, pilihlah oatmeal sebagai menu sarapan untuk bantu kontrol kolesterol.

Berdasarkan hasil pengamatan tim peneliti dari St. Michael's Hospital, Toronto, terhadap 58 hasil studi klinis yang melibatkan 4 ribu responden, ditemukan bahwa oat berdampak pada dua penanda lainnya yakni kolesterol non-HDL dan apolipoprotein B (apoB). apoB sendiri merupakan sebuah lipoprotein yang membawa kolesterol jahat dalam darah.

"Studi meta-analisis secara acak ini menyimpulkan bahwa makan oat bisa mengurangi semua tiga penanda yakni kolesterol LDL, kolesterol non-HDL, dan apoB. Ini informasi yang sangat penting bagi orang-orang dengan sindrom metabolik dan diabetes tipe 2," tutur peneliti.

Victoria menambahkan, orang dengan kolesterol tinggi juga sebaiknya mengganti produk susu biasa menjadi produk susu rendah atau tanpa lemak. Kurangi juga konsumsi gula buatan atau gula pasir.

"Yang tak kalah penting, diet sehat juga harus dibarengi dengan olahraga," pesan Victoria.