Tips Hidup Bahagia di Usia 60an, Apa Saja?

Amalia Purnama Sari
Amalia Purnama Sari

Tips Hidup Bahagia di Usia 60an, Apa Saja? Ilustrasi: Priority Moving Services
Winnetnews.com - Memasuki usia 30 tahun, kemampuan fisik manusia mungkin akan mengalami penurunan. Tidak jarang orang meninggal sebelum memasuki usia 60 tahun karena tubuh mereka prematur dan banyak terjangkit penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, dan diabetes.

Namun, hidup sehat di usia tua tetap bisa diperoleh asalkan memiliki kesadaran untuk selalu menerapkan pola hidup sehat serta rutin melakukan cek kesehatan secara rutin sejak remaja. Dilansir dari Detik Health, Head of Medical Kalbe Nutritionals dr. Muliaman Mansyur mengatakan ada perubahan fisiologis yang terjadi ketika seseorang memasuki usia 60 tahun.

“Otot akan mulai kendor, otak akan mengalami demensia, tulang akan mengalami osteoporosis, dan saluran pencernaan akan sedikit terhambat. Anda perlu asupan gizi teratur untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar serta mencegah terjadinya penyakit-penyakit menjelang usia 60 tahun,” jelas Muliaman.

Selain itu, Muliaman menjelaskan bahwa dengan kondisi tubuh yang sehat dan bugar secara otomatis dapat membuat hidup menjadi lebih bahagia. Rasa bahagia timbul karena tubuh sehat dan tidak banyak penyakit yang diderita.

“Pada orang tua, salah satu hal yang bisa membuat mereka awet muda selain kecukupan nutrisi adalah rasa bahagia dalam menjalani hidup. Tubuh yang sehat dapat merangsang dan mengeluarkan hormon yang bisa membuat hati dan mood menjadi lebih bahagia. Beberapa nutrisi yang diperlukan contohnya adalah asam amino, protein, dan vitamin B kompleks,” lanjut Muliaman.

Selain itu, nutrisi yang perlu ditambah adalah vitamin dan mineral agar tidak mudah sakit. Beberapa vitamin dan mineral yang dapat kamu coba contohnya adalah vitamin D untuk kesehatan tulang dan gigi, vitamin B12 untuk mengurangi resiko demensia, omega-3 untuk daya ingat, dan masih banyak lagi.

“Vitamin D dan kalisum merupakan nutrisi penting yang harus dikonsumsi menjelang usia 60 tahun ke atas. Pasalnya, zat-zat seperti kalsium, vitamin D, dan magnesium dipercaya dapat membantu kepadatan tulang dan mengurangi resiko adanya osteoporosis,” ucapnya.

Apa Reaksi Kamu?