Tips Hidup Sehat Walau dengan Satu Ginjal
ilustrasi

Tips Hidup Sehat Walau dengan Satu Ginjal

Rabu, 16 Sep 2020 | 15:57 | Rusmanto
Winnetnews.com - Organ ginjal berfungsi untuk menyaring darah agar menjadi bersih ketika diedarkan ke seluruh tubuh. Normalnya, manusia mempunyai dua ginjal, tetapi ada beberapa orang yang hidup dengan satu ginjal dari lahir maupun diangkat karena memiliki penyakit ginjal. 

Lantas, apakah seseorang yang tidak memiliki ginjal yang lengkap dapat hidup dengan normal dan bagaimana pola hidup mereka selanjutnya?

Penyebab seseorang hidup dengan satu ginjal

image0

Organ ginjal berperan penting dalam kelangsungan hidup manusia. Namun, fenomena hidup dengan satu ginjal kini bukan menjadi hal yang langka. Berikut ini ada ketiga penyebab seseorang hanya memiliki satu organ yang termasuk dalam sistem kemih (urologi). 

Cacat lahir

Cacat lahir adalah salah satu alasan mengapa seseorang hanya memiliki satu ginjal yang berfungsi. Kondisi ini disebabkan oleh beberapa penyakit, di antaranya yaitu agenesis ginjal dan displasia ginjal. 

Agenesis ginjal (tidak terbentuknya ginjal) adalah suatu kondisi ketika seseorang lahir dengan kehilangan salah satu atau kedua ginjalnya. Unilateral Renal Agenesis (URA) adalah tidak adanya satu ginjal, sedangkan Bilateral Renal Agenesis (BRA) tidak memiliki keduanya.

Sebenarnya, peristiwa agenesis ini cukup langka dan terjadi pada kurang dari satu persen kelahiran setiap tahunnya. Artinya, kurang dari satu di antara 1.000 bayi yang baru lahir mengalami URA. Sementara itu, BRA jauh lebih langka, yaitu terjadi pada sekitar satu dari 3.000 bayi yang lahir. 

Jika agenesis menyebabkan seseorang lahir tanpa satu atau kedua ginjal, lain halnya dengan displasia ginjal. Orang dengan kondisi ini memang memiliki dua ginjal, tetapi salah satunya tidak berfungsi dengan baik. 

Hal ini dapat terjadi akibat salah satu atau kedua ginjal janin tidak berkembang dengan normal saat berada di dalam rahim.  Sayangnya, kebanyakan bayi dengan ginjal tunggal tidak diketahui apa yang menyebabkan hal ini dapat terjadi. Terkadang, kondisi ini adalah bagian dari masalah yang lebih besar dan berdampak pada organ lain (sindrom). 

Sementara itu, sebagian besar bayi tidak memiliki penyebab pasti meskipun terkadang dapat dikaitkan dengan diabetes pada ibu hamil dan obat-obatan tertentu. 

Bahkan, baik displasia maupun agenesis ginjal juga jarang disadari hingga penderitanya menjalani pemeriksaan dan pembedahan yang tidak berhubungan. 

Operasi pengangkatan ginjal

Selain cacat lahir, penyebab lainnya orang hidup dengan satu ginjal adalah pernah menjalani operasi pengangkatan organ yang berbentuk kacang ini. Operasi yang disebut sebagai nefrektomi ini dilakukan sebagai upaya untuk mengobati penyakit ginjal dan kanker. 

Donor ginjal

Setiap tahunnya, ribuan orang akan mendonorkan ginjal mereka (salah satunya saja) kepada pasien yang membutuhkan ginjal yang sehat. Penerima donor biasanya adalah anggota keluarga yang sedarah atau dekat dengan pendonor, seperti pasangan dan teman. 

Dengan diberikannya salah satu ginjal yang sehat demi menyelamatkan orang lain, pendonor harus hidup dengan satu ginjal. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...