Tips Hilangkan Rayap Dirumah

Tips Hilangkan Rayap DirumahSumber foto : istimewa

Winnetnews.com - Rayap merupakan salah satu hama yang menjadi musuh besar hunian dan perabotan, terutama yang terbuat dari kayu. Meski bentuk fisiknya sangat kecil, tapi rayap memiliki kemampuan merusak yang sangat kuat.

Rayap jika dibiarkan dapat menghancurkan sebuah bangunan. Agar rumah terhindar dari rayap, Anda harus melakukan pencegahan lebih awal.

Berikut ini ada beberapa cara untuk mencegah rayap menyerang rumah Anda.

Membersihkan Saluran Air dan Selokan

Rayap gemar berada di lingkungan yang lembap dan menyerap banyak air. Selalu bersihkan area selokan di sekitar rumah Anda. Perhatikan tumpukan sampah, jangan sampai ada kotoran menyumbat selokan rumah Anda.

Perbaiki pipa dan keran air yang bocor

Segera perbaiki keran dan pipa air yang bocor untuk menghindari kelembapan dan rembes. Area yang lembap dapat menjadi tempat ternyaman untuk rayap bersarang. Selain mencegah rayap, perbaikan keran dan pipa bocor dapat menghemat pemakaian air.

Kurangi penggunaan kayu

Kayu adalah makanan utama rayap. Karena itu, hindari menggunakan material kayu terlalu banyak di rumah. Hindari juga menaruh tumpukan kayu di dalam rumah.

Jika terdapat bahan kayu yang harus disimpan, letakkan di halaman terbuka, misalnya di area taman. Tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Selain itu jangan langsung menaruh kayu di atas lahan tanah, tetapi alasi dengan keramik atau alas besi terlebih dahulu.

Jika ingin menggunakan material kayu di dalam rumah, usahakan memilih material kayu yang berkualitas baik. Kualitas kayu sangat menentukan untuk mencegah rayap datang.

Menjaga kebersihan lubang ventilasi

Pastikan lubang ventilasi atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Pasangkan kawat kasa pada ventilasi sebagai filtrasi mencegah masuknya serpihan ke dalam rumah. Material yang masuk dari ventilasi dapat mengundang rayap ke rumah Anda.

Merawat Elemen Kayu Secara Berkala

Lakukan perawatan perabot kayu secara berkala. Caranya dengan membersihkan setiap hari dari debu dan kotoran dengan lap kering. Anda juga dapat memulas ulang setiap 1-2 bulan sekali dengan varnish atau plitur sehingga tampilan perabot kayu selalu terlihat seperti baru.

Selalu pilih kualitas kayu terbaik untuk melengka[I perabot Anda. Kayu berkualitas rendah akan mudah terserang rayap.

Beri jarak furnitur dan tembok

Biasanya rayap masuk ke rumah melalui celah-celah tembok dengan membawa jamur yang dapat mensintesa benda apa saja. Setelah masuk dari celah tembok, rayap akan mudah melubangi beton untuk mencapai kayu yang terdekat dengan tembok.

Karena itu, pastikan Anda memberi jarak kurang lebih 10cm antara tembok dan perabot. Hal ini cukup membantu menghindari rayap menyerang perabot.

Gunakan bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang dapat Anda gunakan untuk mencegah rayap menyerang perabot, antara lain air kapur sirih, minyak tanah, air cucian beras, garam dapur, dan air tembakau.

Semprotkan campuran air dan bahan-bahan tersebut ke area sekitar perabot kayu. Anda juga dapat menyemprotkan atau menyiramkan campuran bahan alami tersebut langsung ke sarang rayap untuk melakukan pembasmian langsung.

Perlindungan totalpada seluruh bangunan rumah

Pilihan lainnya yakni menggunakan bantuan professional untuk melakukan penyemprotan antirayap ke seluruh bagian rumah. Cara ini cukup efektif untuk melindungi keseluruhan bangunan rumah.

Perlindungan menyeluruh akan membunuh rayap di bawah bangunan serta menghambat kedatangan rayap dalam waktu lama. Melakukan proteksi total akan lebih menghemat biaya dibanding Anda harus melakukan renovasi di kemudian hari.