Tips Jadi Fotografer Profesional Dengan Kamera Ponsel

Tips Jadi Fotografer Profesional Dengan Kamera Ponsel

Jumat, 17 Jun 2016 | 22:35 | Kontributor 3
Winnetnews.com – Banyak orang yang beranggapan untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan menarik dihasilkan oleh kamera profesional yang harganya sangat mahal. Meski tak salah anggapan tersebut, tapi kamu masih bisa kok menghasilkan foto yang menarik walau hanya mennggunakan kamera ponsel.

Kamera canggih apalagi mahal nggak menjamin hasil foto yang didapatkan bisa sempurna kok. Malahan, dengan hanya bermodalkan kamera ponsel kamu bisa loh mendapatkan hasil potret yang nggak kalah dengan memakai kamera profesional.

Tapi untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan dengan menggunakan kamera ponsel, kamu perlu nih mengikuti tips-tips berikut ini.

1. Pastikan lensa selalu bersih.

Terlalu sering disimpan di dalam kantong atau tas membuat lensa ponsel menjadi kotor. Lensa yang kotor akan membuat hasil foto menjadi terlihat tidak jelas. Oleh karena itu sebelum memotret objek yang diinginkan sebaiknya Toppers membersihkan dulu lensa kamera dengan menggunakan kain yang lembut.

2. Jangan Gunakan Zoom Out

Saat menggunakan kamera ponsel sebaiknya Toppers jangan pernah menggunakan fitur Zoom Out. Memang benar fitur ini membuat kamu dapat menangkap objek yang layar jauh, namun hasil gambar yang didapat dengan menggunakan fitur Zoom Out menjadi pecah. Hal ini karena fitur Zoom Out akan menurunkan resolusi foto secara keseluruhan sehingga hasil foto tidak tajam.

Untuk mendapatkan hasil foto yang memuaskan sebaiknya Toppers mendekatlah pada objek yang ingin difoto. Atau jika Toppers dalam situasi di mana tidak bisa mendekati objek foto, Toppers dapat menggunakan Lensa Tele Smartphone. Lensa ini akan membantu Toppers mengambil gambar objek yang jauh tanpa harus takut hasil foto menjadi pecah.

Dengan Lensa Tele Smartphone kamu nggak perlu repot lagi saat ingin mengambil gambar objek yang jauh. Hasil foto pun menjadi lebih maksimal dan seperti diambil dengan kamera profesional.

3. Jaga Kestabilan Tangan Saat Memotret

Salah satu kunci mendapatkan gambar yang bagus dengan memakai kamera ponsel adalah dengan menjaga kestabilan tangan saat memotret. Semakin stabil tangan Toppers maka akan semakin bagus juga hasil foto yang didapat. Kamu dapat menggunakan benda lain untuk menjaga kestabilan tangan seperti pohon atau tembok sebagai sandaran.

4. Perhatikan Komposisi Foto

Salah satu hal yang membuat foto terlihat unik adalah komposisi fotonya. Komposisi foto adalah bagaimana cara penempatan objek-objek foto sehingga terlihat indah. Untuk mempelajari tentang komposisi foto ini kamu bisa melihat-lihat hasil-hasil gambar fotografer profesional. Tapi ingat ya Toppers, bukan berarti kamu harus memotret seperti para fotografer profesional tersebut karena seni fotografi adalah seni yang bebas sehingga kamu dapat sekreatif mungkin.

5. Pastikan Cahaya Mencukupi

Salah satu kelemahan kamera ponsel adalah tidak begitu baik dalam menangkap gambar dalam suasana yang gelap. Biasanya orang-orang akan menyiasati hal tersebut dengan menggunakan lampu flash, namun penggunaan lampu flash hanya membuat hasil foto menjadi jelek. Oleh sebab itu usahakan agar cahaya yang menerangi objek mencukupi ya. Waktu yang paling tepat untuk mengambil gambar adalah pada pagi dan menjelang senja. Namun jika kamu memotret di dalam ruangan atau pada malam hari, kamu dapat menggunakan lampu neon untuk menerangi objek foto.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...