Tips Kehamilan Sehat untuk Ibu dan Calon Anak
ilustrasi

Tips Kehamilan Sehat untuk Ibu dan Calon Anak

Jumat, 3 Apr 2020 | 07:44 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Masa kehamilan adalah momen yang menyenangkan bagi wanita yang selama ini memimpikan untuk segera memiliki momongan. Wanita hamil pun harus menjaga kehamilannya dengan cara mengubah pola hidup dan memilih pola makan sehat untuk mendukung perkembangan janin dan kesehatan dirinya sendiri. Ketahui apa saja tips kehamilan sehat agar bayi lahir selamat dan sehat.

Tips Kehamilan Sehat untuk Ibu dan Janin

Wanita hamil harus selalu sehat dengan mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan menjalani pola hidup sehat lainnya karena kondisi tubuhnya sangat berpengaruh pada perkembangan janinnya.

Berikut ini adalah beberapa tips kehamilan sehat untuk ibu dan janin:

1. Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Harian

Wanita hamil harus mengonsumi makanan bergizi tinggi untuk mendukung pembentukan sel tubuh dan perkembangan otak janin di dalam rahim. Nutrisi, vitamin, dan gizi yang cukup juga dibutuhkan agar bayi lahir dengan berat badan normal dan mengurangi risiko bayi cacat lahir.

Selain itu, menjalani pola makan sehat juga dapat mencegah anemia, komplikasi kehamilan, kelelahan, dan gejala morning sickness pada wanita hamil. Setiap ibu hamil sehat harus mengonsumsi makanan bergizi buah-buahan, biji-bijian, dan sayur-sayuran yang mengandung:

  • Asam Folat: Sayuran berdaun hijau, buah sitrus, kacang polong, roti, sereal, nasi, pasta, dll
  • Protein: Daging, unggas, ikan, telur, kacang-kacangan, tahu, keju, susu, kacang-kacangan, dan biji-bijian
  • Vitamin C: Jeruk, brokoli, jambu, blackcurrant, bayam, kale, kiwi, lemon, leci, pepaya, stroberi, dll
  • Zat Besi: Bayam, hati, daging merah, quinoa, brokoli, tahu, coklat, ikan, dll
  • Kalsium: Seafood, sayuran berdaun hijau, tahu, susu, yogurt, salmon, sarden, kacangan-kacangan, biji-bijian, dll
  • Lemak Sehat: Alpukat, coklat, telur, ikan berminyak, dll

Wanita hamil dapat mengkombinasi berbagai sayuran, buah-buahan, dan menu makanan sehat lainnya setiap hari demi kesehatan dan tumbuh kembang bayi.

2. Mengonsumsi Vitamin Prenatal

Setiap wanita hamil sebenarnya sudah dapat memenuhi kebutuhan nutrisi harian dari makanan sehat yang dikonsumsi sehari-hari, namun dianjurkan juga untuk mengonsumsi suplemen atau vitamin prenatal untuk memaksimalkan asupan nutrisi penting yang dibutuhkan janin yang sedang berkembang.

Anda paling disarankan untuk mengonsumsi suplemen asam folat tambahan beberapa minggu sebelum kehamilan dan setidaknya 12 minggu pertama selama kehamilan. Manfaat asam folat adalah untuk mendukung kesehatan otak janin dan mencegah risiko bayi lahir cacat.

Silakan konsultasi dengan dokter tentang suplemen apa yang paling cocok dan direkomendasikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan Anda.

3. Memenuhi Kebutuhan Cairan yang Cukup

Bukan hanya untuk ibu hamil sehat, namun setiap orang harus memenuhi kebutuhan cairan yang cukup setiap hari agar tidak dehidrasi.

Kekurangan cairan akan menurunkan fungsi tubuh sehingga membuat Anda lemas dan tidak bertenaga. Tips sehat untuk ibu hamil muda adalah untuk membuat target minum air putih 8 gelas atau lebih setiap hari.

4. Rajin Kontrol ke Dokter Kehamilan

Wanita hamil wajib konsultasi dengan dokter spesialis kehamilan secara teratur atau sesuai jadwal untuk memantau perkembangan janin dari waktu ke waktu. Konsultasi ini sangat penting untuk mengetahui kesehatan ibu dan janin dan memeriksa bila ada masalah kehamilan sejak dini.

Mengetahui adanya risiko penyakit atau kelainan pada janin lebih awal sangat bermanfaat agar dokter dapat memberikan pilihan perawatan dan pengobatan yang lebih efektif untuk mengurangi risiko komplikasi kehamilan atau bayi lahir kurang sehat. Dokter spesialis kehamilan juga akan memberikan tips kesehatan ibu hamil muda sesuai dengan kondisi Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...