Tips Masak Jengkol Biar Baunya Gak Bikin Mabok!

Rani
Rani

Tips Masak Jengkol Biar Baunya Gak Bikin Mabok! Tips menghilangkan bau jengkol / Foto: Istimewa

WinNetNews.com - Penggemar jengkol pasti gak tahan banget, jika melihat makanan yang beraroma khas ini mejeng di meja makan. Jengkol adalah makanan yang punya rasa unik, tetapi aroma jengkol seringkali membuat orang di sekitarnya merasa terganggu.

Jengkol biasa diolah menjadi semur jengkol, rendang, dan yang gak kalah nikmat adalah sambal goreng jengkol. Mengolah jengkol agar baunya tidak terlalu menyengat, ternyata ada trik tersendiri. Bagaimana caranya? Langsung aja ikuti tipsnya berikut ini.

Air kapur sirih

Cara termudah dan paling praktis untuk menghilangkan bau jengkol adalah dengan merendam jengkol menggunakan air kapur sirih. Rendam jengkol ke dalam air kapur sirih selama satu malam. Kemudian jengkol siap untuk diolah jadi makanan lezat.

Daun jeruk

Tambahkan beberapa potongan daun jeruk pada saat merebus jengkol. biarkan aroma daun jeruk menyebar, kalau udah mendidih mendidih baru sisihkan jengkol beberapa saat. Kemudian jengkol pun siap untuk diolah.

Abu gosok

Gak cuma untuk cuci piring, abu gosok juga bisa digunakan untuk menetralkan aroma jengkol. Merebus jengkol dengan tambahan abu gosok ternyata juga bisa menghilangkan baunya loh. Cranya rebus jengkol dan abu gosok hingga mendidih, lalu ganti air rebusan dengan air dingin dan diamkan semalaman.

Itulaha trik dan tips untuk mengolah jengkol agar baunya tidak terlalu menyengat. Selamat mencoba! Tapi ingat, jangan makan jengkol banyak-banyak ya Gaes!

Apa Reaksi Kamu?