Tips Memasak Sate Klatak Agar Semakin Nikmat!
Tips Memasak Sate Klatak Agar Semakin Nikmat. Foto: Istimewa

Tips Memasak Sate Klatak Agar Semakin Nikmat!

Senin, 13 Mar 2017 | 17:18 | kontributor

WinNetNews.com - Selain kuliner gudeg dan bakpia yang sangat terkenal di Kota pelajar, Yogyakarta juga memiliki segudang kuliner tradisional lainnya. Rasanya pun sudah diakui oleh pecinta kuliner. Sebut saja namanya sate klatak

Sate klatak adalah jenis hidangan sate yang berasal dari daginf kambing muda kemudian dipanggang dengan menggunakan jeruji sepeda. Karena ukuran daging yang digunakan untuk memasak sate klatak ini memiliki ukuran 3 kali lebih besar dari biasanya. Oleh karena itu kuliner yang sangat terkenla kelezatannya ini dipanggang dengan menggunakan jeruji sepeda, tujuannya agar daging kambing dapat merekat dengan kuat dan juga tidak lepas saat sedang dipanggang.

Meskipun kelihatannya mudah, kenyataannya mengolah sate klatak ternyata tidak bisa sembarangan.Beberapa hal harus benar-benar diperhatikan agar cita rasa daging kambing tetap terjaga dengan baik. Salah satu resepnya adalah dengan menggunakan daging kambing muda usia 9 sampai 14 bulan.

Namun sebelum diolah menjadi sate klatak, daging kambingnya sebaiknya dipijit telebih dahulu sebelum dipotong. Sambil dipijit, daging kambing muda itu dilumuri dengan bumbu. Teknik ini digunakan agar bumbu meresap secara maksimal dan merata. Untuk mengetahui apakah bumbunya sudah terserap ke dalam daging kambing, dengan cara melihat serat dagingnya. Biasanya daging kambing yang seratnya sudah pecah rasanya juga akan semakin empuk.

Kalau kita sudah terbiasa menggunakan garam halus untuk memasak di dapur, tapi untuk memasak sate klatak sebaiknya gunakan garam yang kasar. Setelah proses pembumbuan dirasa sudah cukup baik, sebaiknya panggang sate klatak selama 2 sampai 3 menit. Kuah kaldu pun bisa ditambahkan ke dalam bumbu sate klatak, agar sate klatak semakin terasa nikmat.

Rahasia lain untuk membuat bumbu sate klatak semakin terasa nikmat, sebaiknya jangan mnggiling bumbu rempah-rempah dengacara diblender, tapi diuleg saja. Karena umumnya bumbu yang diblender akan terasa pahit. Itulah rahasia sate klatak terasa lebih nikmat. Untuk membuat sate klatak semakin terasa nikmat memang diperlukan sedikit kesabaran. Selamat mencoba!

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...