Skip to main content

Tips Membersihkan Data Di Android

Tips Membersihkan Data Di Android
Tips Membersihkan Data Di Android

Be careful ! Bagi Anda yang kerap menyimpan berbagai jenis data pribadi seperti foto, catatan keuangan, atau berbagai hal lainnya di smartphone Android, sebaiknya dibackup.

Dilansir dari liputan6.com, menurut hasil riset perusahaan keamanan Avast Software, data-data pribadi Anda tersebut tidak akan sepenuhnya hilang meski telah dihapus menggunakan fitur 'factory reset' atau 'delete all' yang tersedia.

Melakukan kedua langkah tersebut mungkin tidak cukup untuk menghilangkan data pribadi Anda secara permanen. Agar lebih aman dan memberi rasa ketenangan, berikut langkah-langkah yang dapat Anda lakukan guna mengamankan data pribadi Anda di perangkat Android. Let check it out !!

1. Enkripsi

Anda disarankan untuk mengenkripsi perangkat sebelum melakukan wipe (hapus data). Proses enkripsi akan mengacak data pada perangkat Anda dan diperlukan langkah khusus untuk menguraikan enkripsi yang telah Anda terapkan.

Untuk melakukan langkah enkripsi di perangkat Android, Anda bisa lakukan dengan masuk ke menu Setting > Security > dan pilih Encrypt Phone.

2. Melakukan factory reset

Hal berikutnya yang harus Anda lakukan adalah melakukan factory reset (reset pabrik). Hal ini dapat dilakukan dengan masuk ke menu Setting > Back Up and Reset > lalu pilih Factory Data Reset.

Anda harus mengetahui bahwa langkah ini akan menghapus semua data pada ponsel Anda. Oleh karena itu Anda harus mem backup data terlebih dulu jika ada data penting yang perlu diselamatkan.

3. Masukan data palsu

Seharusnya langkah pertama dan kedua sudah cukup bagi kebanyakan orang. Namun kami sarankan Anda melakukan langkah tambahan, yakni dengan memasukan foto dan kontak palsu pada perangkat Anda.

4. Lakukan factory reset sekali lagi

Sekarang Anda harus melakukan factory reset sekali lagi untuk menghapus konten palsu yang Anda masukan pada perangkat Anda. Ini akan membuat pihak lain semakin sulit untuk menemukan data pribadi Anda, karena data asli telah tertutupi oleh data palsu.

Masih ragu? Ulangi langkah ketiga dan keempat sebanyak yang Anda suka. Meskipun bagi kebanyakan orang mengikuti langkah pertama dan kedua sudah cukup, akan tetapi dengan menglakukan langkah ketiga dan keempat hampir sangat mustahil untuk dapat menguraikan data pribadi Anda.

(nay)

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top