Tips Menabung yang Benar Meskipun Gaji Kecil

Sofia Citradewi

Dipublikasikan 2 tahun yang lalu • Bacaan 3 Menit

Tips Menabung yang Benar Meskipun Gaji Kecil
Wallettipsy

Winnetnews.com - Pengeluaran tiap bulan memang tak terhindarkan. Buat kamu yang sudah mandiri finansial, seringnya selalu merasa bahwa penghasilan saat ini tidak pernah mencukupi. Apalagi bagi kamu yang saat ini jadi tulang punggung keluarga, membuat tak bisa mengalokasikan sebagian penghasilan untuk ditabung. Menabung memang tak semudah seperti yang dibayangkan.

Menabung ternyata ada triknya. Meskipun kamu bergaji sedikit, dengan siasat yang benar, kamu akan tetap bisa menabung. Kenapa sih menabung itu perlu? Jawabnnya tentu saja adalah agar bisa bertahan menghadapi ketidakpastian masa depan. Selalu ada biaya-biaya tak terduga. Jangan sampai ia membuatmu kewalahan di masa depan tersebab kamu tidak pandai mengontrol dan menyimpan uang.

Tak ada yang menginginkan kemiskinan atau kebangkrutan. Oleh karena itu kurangi kebiasaan konsumtif dan mulai bijak menggunakan uangmu.

Pertanyaan besarnya adalah, bisakah kita tetap menabung walau gaji pas-pasan atau kecil? Tentu bisa. Jangan menganggap remeh penghasilan yang kecil. Kamu tetap bisa menabung asalkan memiliki niat bulat untuk memiliki tabungan.

Berikut ini tips menabung yang benar untuk kamu para pekerja agar siap dengan masa depan.

1.  Buatlah tujuan

Tujuan yang jelas akan membuatmu lebih ketat mengontrol pengeluaran. Sebab tanpa tujuan yang jelas atau keinginan yang kuat, maka kamu akan gampang mengabaikannya. Selain itu sulit untuk mengukur pencapaiannya.

Kamu akan termotivasi jika memiliki tujuan yang jelas. Misalnya, dengan menargetkan dalam sekian tahun ke depan kamu harus punya tabungan sekian untuk membayar uang muka rumah.

2. Menabung di awal

Ini penting! Sebaiknya alokasikan langsung di awal gajian, berapa yang harus ditabung. Misalnya dengan menentukan sekian persen dari gaji harus segera ditransfer ke akun tabungan khusus yang tidak boleh dibelanjakan. Besar kecilnya nominal tentu saja bergantung dari tujuan yang sudah kamu tetapkan.

3. Buat anggaran

image0

Sekarang, uang sudah tersisihkan. Saatnya mengatur anggaran belanja per bulan untuk semua kebutuhan sehari-hari. Kamu harus mengaturnya dengan cermat, mana prioritas dan mana yang tidak terlalu perlu. Hal ini dilakukan agar dapat mengalokasikan kebutuhan secara efisien sehingga pengeluaran dan tabungan bisa tetap seimbang.

4. Bawa bekal dari rumah

Meskipun kamu sibuk bekerja, coba mulailah meluangkan waktu memasak sebelum berangkat kerja. Dengan ini kamu bisa mengurangi biaya makan bahkan hampir setengahnya. Selain itu, gizinya pun terjamin karena kamu memperhatikan sendiri proses memasaknya.

5. Catat pengeluaran

Tak hanya mencatat anggaran kebutuhan, mencatat detail pengeluaran pun perlu kamu lakukan. Dengan cara ini kamu bisa membandingkan apakah kamu benar-benar menaati anggaran yang sudah direncanakan atau tidak.

Jika pengeluaran tidak sesuai dengan anggaran, cobalah identifikasi apa penyebabnya. Apakah itu biaya tak terduga ataukah kamu memang boros saja. Kurangi dorongan membeli barang-barang yang tak perlu.

6. Hindari pengeluaran sepele

Ini yang paling sering tidak disadari. Menganggap remeh pengeluaran-pengeluaran kecil, padahal  jika dijumlahkan akan menghasilkan nominal yang cukup besar. Misalnya yang suka nongkrong di kafe, coba hitung berapa uang yang dihabiskan selama satu bulannya. Sebab harga kopi di kafe bisa dua kali lipat dari jika menyeduh kopi sendiri di rumah atau kantor.

7. Transportasi

Tidak ada salahnya memanfaatkan transportasi umum ketimbang kendaraan pribadi. Selain menghemat biaya bensin, kamu juga menghemat tenaga karena tidak menyetir sendiri.

8. Lunasi semua hutang

Sebelum memutuskan untuk menabung, lunasilah terlebih dulu segala utang. Jangan sampai utang terus-terusan jadi beban pikiran sendiri. Kalau sudah lunas, kamu jadi lebih fokus menabung.

Share This Story

RELATED ARTICLE

Loading interface...