Tips Mendidik Anak untuk Belajar Tanpa Harus Memaksa
ilustrasi

Tips Mendidik Anak untuk Belajar Tanpa Harus Memaksa

Jumat, 26 Jun 2020 | 07:25 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Mencari cara mengajari anak untuk mau belajar tanpa harus memaksa memang menjadi tantangan tersendiri bagi orangtua. Patokan kecerdasan anak yang dibangun oleh masyarakat sering kali membuat orangtua mau tidak mau memaksa dan menuntut agar anak rajin belajar.

Apa dampaknya jika orangtua kerap kali memaksa anak untuk belajar? Bagaimana cara mengajari anak agar mau belajar tanpa harus memaksa?

Manusia memiliki cara belajar alami sendiri

Tak sedikit sekolah dasar yang mensyaratkan anak untuk bisa membaca dan menulis sebagai awal pendidikan. Cara ini memang penting sebagai bekal dasar edukasi anak. Penting diingat bagi orangtua dan guru untuk mengajari anak tanpa memaksa.

Ketika anak sekolah, kegiatan belajar berlanjut dan menuntut anak untuk pandai membaca maupun menghitung. Betul, tak bisa dipungkiri hal ini merupakan bagian dari persyaratan masuk sekolah yang berjenjang. Pun semua orang dewasa juga telah melaluinya.

Ketika seorang murid berhasil mencapai apa yang diharapkan, ia akan mendapat penghargaan dari guru, misalnya stiker atau pujian. Sementara itu, ia juga akan mendapat hukuman jika tidak bisa menyelesaikan babak baru, ini ibarat jadi ancaman.

Ada anak yang bisa membuktikan kemampuannya mencapai tolok ukur yang sudah dibuat. Namun, ada juga yang belum bisa mencapainya. Lantas, apakah harus menghukum anak?

Jawabannya tidak juga. Melansir laman Fee.org, menurut John Holt, seorang edukator dan penulis How Children Learn mengatakan bahwa baik adanya ketika anak di sekolah diajak untuk berpikir dan memecahkan masalah. Umumnya, sekolah selalu meletakkan harapan yang sama antar murid untuk menyelesaikan persoalan.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...