Tips Mengatur Pola Makan bagi Penderita Radang Pankreas
ilustrasi

Tips Mengatur Pola Makan bagi Penderita Radang Pankreas

Rabu, 7 Apr 2021 | 08:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Penyakit pankreatitis terjadi saat organ pankreas mengalami peradangan. Ketika pankreas meradang, Anda perlu memerhatikan pola makan yang tepat agar gejala penyakitnya tidak semakin parah. Apa saja makanan yang tepat untuk pankreatitis?

Apa hubungan pankreas dan makanan?

image0

Organ pankreas memiliki fungsi yang sangat erat dengan sistem pencernaan. Jika pankreas bermasalah, proses pencernaan di dalam tubuh pasti terganggu.

Pankreas yang sehat berperan untuk menghasilkan enzim dan hormon yang dibutuhkan untuk mencerna makanan yang masuk ke dalam tubuh. Dengan kehadiran hormon dan enzim dari pankreas maka zat gizi akan terserap dengan baik.

Jika mengalami peradangan, organ ini harus bekerja lebih keras lagi untuk menghasilkan enzim dan hormon tersebut. Karenanya, enzim dan hormon yang dihasilkan pun tidak akan berfungsi semestinya.

Maka itu, orang yang mengalami gejala radang pankreas sangat dianjurkan untuk mengatur makanan yang tepat agar bisa mengurangi beban kerja pankreas.

Apa saja makanan untuk pankreatitis yang dianjurkan?

Untuk mengurangi beban kerja pankreas yang meradang, pada intinya Anda dianjurkan mengonsumsi makanan yang kaya protein, rendah lemak, dan makanan dengan tinggi antioksidan. Di bawah ini daftarnya.

  • Daging tanpa kulit (dan tanpa bagian lemak).
  • Kacang-kacangan.
  • Sayuran hijau seperti bayam, dilengkapi dengan sayuran berwarna cerah kaya antioksidan seperti tomat, wortel, dan terong. Sayuran sebaiknya disajikan dengan kuah bening.
  • Buah-buahan tinggi antioksidan seperti blueberry, stroberi, anggur, mangga, dan buah delima.
  • Susu rendah lemak atau produk alternatif pengganti susu seperti sari almond dan sari kedelai.

Makanan-makanan tersebutlah yang akan meringankan kerja pankreas. Sayur dan buah kaya antioksidan juga membantu melindungi sistem pencernaan untuk melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel tubuh.

Jika pasien pankreatitis sedang ngidam makanan manis, pilihlah buah segar daripada makanan yang mengandung gula tambahan. Sebab, orang dengan pankreatitis memiliki risiko tinggi untuk mengalami diabetes melitus.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...