Tips Menghadapi Pasangan yang Ngambek
ilustrasi

Tips Menghadapi Pasangan yang Ngambek

Sabtu, 20 Feb 2021 | 17:00 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tidak jarang salah satu pihak bisa ngambek dan mendiamkan yang lain ketika sedang bertengkar. Jika saat ini Andalah yang sedang dicuekin oleh si dia, apa yang Anda lakukan? Balik mengabaikannya saja atau malah jadi kepikiran dan merasa serba salah — “Apa dia sakit hati karena aku menyinggung perasaannya?”. Kalau pasangan ngambek, jangan terus dibiarkan apalagi dicuekin balik. Ngambek sebenarnya termasuk perilaku pasif agresif, yang lama-lama bisa berdampak negatif pada hubungan Anda.

Cara jitu menghadapi pasangan ngambek

Didiamkan pasangan sendiri rasanya memang tidak enak dan bikin serba salah. Nah sebaiknya turunkan sedikit ego Anda dan perlahan dekati pasangan Anda dengan berbagai cara jitu ini, supaya hubungan Anda berdua mesra kembali.

1. Cari tahu penyebab pasangan ngambek

image0

Orang yang sedang ngambek itu membingungkan. Sulit untuk mengetahui apa yang sebenarnya ia inginkan karena ia sedang mogok bicara. Namun meski besar kemungkinannya ia masih akan tetap ngambek dengan Anda, tidak ada salahnya untuk mencoba cari tahu apa yang jadi penyebabnya.

Mungkin ada perilaku atau perkataan Anda yang membuat pasangan Anda marah, tapi ia tidak bisa mengungkapkannya. Mungkin ia ngambek sebagai cara untuk memendam emosinya agar tidak menyakiti Anda. Kemungkinan lainnya, ia merasa bahwa Anda tidak bisa memahami keinginannya, tetapi ia tidak bisa marah dan malah mendiamkan Anda sampai Anda menyadari kesalahan Anda.

Dengan terus mencoba memulai percakapan dengannya, Anda menunjukkan padanya bahwa Anda peduli dan ingin memperbaiki hubungan yang sedang alot ini. Bersabarlah saat Anda mencoba untuk mencari tahu akar dari penyebab ngambeknya itu.

2. Berikan pasangan Anda waktu sendiri

image1

Jika setelah bertanya baik-baik dan ia masih “tetap dingin”, sebaiknya mengalah saja dulu dan berikan waktu untuknya menyendiri sementara. Coba cek kabarnya lagi beberapa jam kemudian atau di hari lain, daripada terus memaksa yang akhirnya bisa berlanjut ke pertengkaran sesi kedua.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...