Tips Menghemat Kuota Internet di Perjalanan Mudik

Tips Menghemat Kuota Internet di Perjalanan Mudik

Menyambut Lebaran kali ini, kehadiran smartphone rasanya memang sudah menjadi kebutuhan wajib khususnya bagi Anda yang sedang melakukan perjalanan mudik.

Identik dengan macet dan lamanya perjalanan, fungsi smartphone justru meningkat dua kali lipat untuk membunuh rasa bosan. Dari yang biasanya digunakan sebagai media komunikasi menjadi media hiburan seperti browsing, bersosial media, main game, dan masih banyak lagi.

tips agar Anda dapat menghemat kuota internet di perjalanan mudik, agar semua kegiatan yang dilakukan lewat smartphone dapat berjalan secara lancar. Simak seperti apa tips-nya berikut ini.

Hindari Download File

Ketika Anda sedang berada di dalam perjalanan mudik, hindari aktivitas unduh-mengunduh di internet. Sesekali memang tak masalah, tetapi jika Anda terus-terusan men-download meski ukuran file-nya kecil, maka risiko yang diterima adalah smartphone Anda akan kehabisan kuota internet.

Solusinya, sebelum Anda melakukan perjalanan mudik, Anda bisa unduh file-file (lagu, e-book, video, game dan aplikasi lainnya) dari WiFi dan tidak memakan kuota internet Anda.

Anda pun bisa men-download file-file di PC/laptop dan memasukkannya langsung ke flashdisk atau smartphone Anda. Jika Anda memilih untuk menyimpan di flashdisk, gunakan perangkat USB On The Go (OTG) untuk dapat mengakses file-file tersebut lewat smartphone agar Anda tidak bosan selama di perjalanan.

Manfaatkan Mode Cepat

Ketika kebosanan melanda di tengah macetnya perjalanan, browsing merupakan salah satu alternatif yang dapat menyita waktu Anda.

Namun, hal yang paling menyebalkan salah satunya adalah jika koneksinya lambat. Hal tersebut terjadi karena beberapa penyebab, seperti blank spot, sinyal lemah, dan bahkan kuota menipis.

Kami sarankan Anda menggunakan browser yang memiliki fitur mode cepat (fast mode). Selain memacu kecepatan akses internet, hal tersebut justru juga berguna untuk menghemat kuota paket data Anda.

Manfaatkan Fasilitas Wi-Fi

Memanfaatkan fasilitas Wi-Fi selama perjalanan merupakan cara paling hemat yang bisa Anda lakukan. Meskipun Anda harus sabar menunggu rest area yang menyediakan fasilitas Wi-Fi.

Jika kebetulan Anda sedang beristirahat di rest area, langsung manfaatkan koneksi Wi-Fi di tempat tersebut. Selain hemat, koneksinya pun bahkan cenderung cepat.

Ubah Fitur `Maps` Anda ke Mode Offline

Anda pasti tidak sadar bahwa fitur Maps yang tersedia di smartphone Anda ternyata menguras data internet Anda. Sayangnya, banyak sekali pengguna smartphone yang tidak memikirkan bahwa sebenarnya Maps menggunakan layanan GPS yang ternyata menguras data internet, terlebih jika Anda menggunakannya untuk layanan built-in navigation, turn-by-turn directions, melihat traffic secara real time atau melihat map dengan mode satellite.

Baik dari dua fitur Maps yang tersedia di kedua perangkat iOS dan Android mempunyai mode offline. Untuk Android, sentuh Search Bar di atas aplikasi Maps, geser terus kebawah sampai bertemu pilihan `Save map to use offline` dan pilih pilihan save untuk berpindah ke mode offline. Untuk Apple, Anda hanya mengubah mode ke flight mode.

Cara lain agar tidak terganggu dengan fitur GPS yang ternyata menyedot data internet Anda adalah dengan menggunakan aplikasi dimana Anda tetap memakai navigasi GPS dan turn-by-turn directions secara offline. Salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai adalah CoPilot GPS app seharga US$ 7,99 atau sekitar Rp 104 ribuan.