Tips Mengolah Sayuran Hijau Agar Tidak Berubah Kuning

Tips Mengolah Sayuran Hijau Agar Tidak Berubah Kuning

Memasak sayuran yang berwarna hijau tidaklah semudah yang dibayangkan, karena salah langkah akan membuat warna sayuran berubah menjadi kecoklatan.

Selain tidak menarik, perubahan warna sayuran tersebut menunjukkan bahwa sayuran sudah kehilangan banyak nutrisi, misalnya klorofil dan antioksidan alaminya. Beberapa sayuran hijau yang sering berubah warna ketika dimasak, antara lain brokoli, kacang panjang, kangkung, asparagus, dan lain sebagainya.

Mungkin Anda heran, kenapa sayuran hijau bisa berubah warna saat dimasak? Ternyata hal itu disebabkan karena proses memasak yang terlalu lama atau akibat bercampurnya bumbu masakan yang mengandung asam.

Melansir laman viva.co.id, berikut tips mengolah sayuran agar tidak berubah menjadi kuning. let's check it out ..

1. Segera memasak sayuran segar

Sayuran segar memiliki warna hijau yang masih alami, karena itu pilihlah sayuran segar ketika membeli dan segera masak sayuran. Jangan menyimpan sayuran dalam kulkas lebih dari dua hari, karena akan membuat warna sayuran berubah dan tidak menarik saat dimasak.

2. Memasukkan sayur di saat yang tepat

Saat merebus sayuran hijau, pastikan Anda memasukkan sayur dalam kondisi air yang sudah mendidih. Jika Anda menumis sayuran, pastikan memasukkan sayuran ketika bumbu tumisan telah matang.(Pantangan makanan Penderita Stroke)

3. Tambahkan garam

Agar sayuran tidak berubah warna ketika dimasak, Anda bisa menambahkan ½ - 1 sendok garam ke dalam air rebusan.

4. Waktu memasak

Perhatikan waktu memasak sayuran, karena waktu yang tepat dapat membuat warna alami sayuran tetap terjaga. Pastikan memasak sayuran tidak lebih dari dua menit, karena terlalu lama waktu memasak akan membuat sayuran berubah tekstur dan warna alaminya.

5. Gunakan minyak zaitun untuk menumis sayuran

Jika Anda ingin menumis sayuran, gunakan minyak zaitun untuk memasak karena lebih sehat dan mampu menjaga kandungan nutrisi pada sayuran. Tumis sayuran sebentar saja dan jangan terlalu layu agar sayur tidak berubah warna.

6. Tiriskan sayuran

Setelah merebus sayuran, Anda harus segera meniriskan sayuran dnegan cara menyiram air dingin. Cara tersebut akan membantu menghentikan proses memasak sehingga warna alami dan tekstur sayuran tetap terjaga.

Mudah sekali kan cara memasak sayuran hijau agar tidak berubah warna.

(nay)