Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Perokok Aktif
ilustrasi

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut untuk Perokok Aktif

Rabu, 13 Jan 2021 | 11:30 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Tidak mudah memang untuk berhenti dan menghilangkan kebiasaan merokok. Namun, kebiasaan ini banyak merugikan kesehatan dan salah satunya adalah memengaruhi kondisi mulut dan gigi. Perokok perlu melakukan upaya ekstra dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut mengingat mereka lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan.

Bukti perokok lebih berisiko mengalami gangguan kesehatan gigi dan mulut

image0

Dampak merokok yang cukup mudah atau banyak ditemui di sekitar kita contohnya adalah gigi kuning hingga bau mulut. Hal ini mungkin masih belum cukup untuk meyakinkan sebagian orang bahwa merokok buruk bagi kesehatan gigi dan mulut.

Padahal, penelitian tahun 2015 yang meneliti kebiasaan mahasiswa dalam membersihkan gigi dan mulut termasuk perokok, menyatakan bahwa perokok aktif mengalami lebih banyak masalah kesehatan dibandingkan yang tidak.

Di samping itu, studi ini juga menemukan bahwa sebagian besar orang memang berupaya menjaga kebersihan gigi dan mulut, tetapi belum ideal atau sesuai panduan yang direkomendasikan ahli kesehatan.

Lalu, studi tahun 2016 juga menemukan bahwa gigi sensitif dan mulut kering lebih umum dialami oleh perokok dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...