Tips menurunkan ketegangan mata

Tips menurunkan ketegangan mata

Jika mata Anda sedang mengalami ketegangan.

Anda perlu memberikan perhatian khusus untuk masalah yang satu ini. Dan berikut cara untuk mengatasi masalah tersebut.

1. Meningkatkan fleksibilitas mata

Setiap kali mata Anda lelah, lakukan beberapa latihan fleksibilitas mata. Pindahkan mata Anda ke atas dan ke bawah dan dari kanan serata kiri. Selain itu, Anda perlu memijat lembut daerah sekitar mata untuk mengendurkan otot-otot.

2. Istirahatlah

Melihat komputer terus menerus tidak baik. Anda perlu mengambil istirahat di antara waktu tersebut. Caranya dengan berjalan-jalan sebentar sekitaran kantor. Jika tidak memungkinkan Anda bisa mengalihkan mata dari komputer untuk melihat sekitaran meja kerja.

3. Pergi ke bawah sinar matahari

Matahari yang dimaksudkan bukan saat panas terik namun saat sinar matahari sedang hangat. Pergi keluar ruangan untuk berdiri sejenak di bawah paparan sinar matahari. Tutup mata dan perlahan-lahan putar kepala dari sisi ke sisi lainnya agar sinarnya bisa menerpa wajah Anda.

4. Latihan mata

Ini membutuhkan waktu secara bertahap dan latihan ini akan mengurangi pandangan kabur Anda. Mulailah dengan memegang ibu jari Anda beberapa inci di depan Anda. Fokus pertama pada ibu jari dan kemudian pada sesuatu yang ada pada jarak 20 kaki. Fokus mata Anda secara bersamaan pada objek pendek dan jarak jauh untuk memperkuat penglihatan. Juga, berkedip cepat ketika mata Anda lelah. Cara ini akan membuat otot rileks dan juga mengurangi penglihatan kabur.

5. Menyesuaikan cahaya layar komputer

Mengurangi kecerahan layar komputer Anda dan meningkatkan ukuran font. Semakin lama Anda menghabiskan waktu di depan komputer, maka mata akan semakin tegang. Untuk itu, pengaturan kontras cahaya dan memperbesar huruf sangat diperlukan.