(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tips Merawat Laptop yang Jarang Dipakai

Oky
Oky

Tips Merawat Laptop yang Jarang Dipakai

Winnetnews.com - Laptop kini menjadi salah satu kebutuhan dalam menunjang pekerjaan sehari-hari. Laptop dapat membantu Anda dalam mengerjakan tugas, mengerjakan materi perkuliahan, menulis buku, mengirim e-mail dan masih banyak lagi. Kini beberapa produsen Laptop menawarkan banyak fitur canggih dan spesifikasi terbaru yang dapat menunjang pekerjaan Anda.​Harga laptop Lenovo terbaru ​dapat menjadi referensi Anda untuk memilih laptop.

Dalam penggunaannya, laptop umumnya dipakai setiap hari khususnya oleh mereka yang masih berstatus menjadi pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran yang membutuhkan laptop. Namun bagi Anda yang memiliki laptop namun jarang dipakai dan mungkin hanya dipakai sesaat saja, maka laptop akan menjadi terbengkalai. Ada juga yang memakai laptop dalam kurun waktu tertentu saja kemudian didiamkan.

Berdasarkan pengalaman pengguna laptop, laptop yang dibiarkan terlalu lama dan jarang digunakan akan membuat laptop menjadi cepat rusak dan tidak berfungsi. Alasannya disebabkan oleh suhu peyimpanan yang lembab yang menjadi salah satu faktor umum penyebab kerusakan laptop.

Jika Anda juga jarang menggunakan laptop, maka tips berikut ini akan sangat bermanfaat. Berikut adalah tips merawat laptop yag jarang digunakan agar tidak rusak.

  1. Jangan menyimpan laptop di tempat lembab



    Faktor kelembaban merupakan salah satu penyebab kerusakan terbanyak pada laptop-laptop yang jarang digunakan dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, hindari penyimpanan laptop di tempat yang lembab, seperti di atas lemari, di bawah kolong ranjang, atau di tempat yang dekat dengan sumber air.

    Lagi pula sayang sekali kan jika laptop yang dibeli ​harga laptop Lenovo terbaru ​ini tidak disimpan di tempat yang aman.

  2. Lepaskan baterai laptop



    Cara yang kedua yaitu melepas baterai laptop jika tidak akan digunakan dalam jangka waktu yang lama. Hal ini wajib dilakukan karena dengan melepaskan baterai dari laptop, maka laptop Anda benar-benar tidak akan teraliri arus listrik sehingga bisa mencegah kerusakan akibat hubungan arus pendek listrik . Selain itu, cara ini juga dapat menjaga usia baterai laptop itu sendiri.

  3. Nyalakan laptop sesekali



    Jika laptop sudah jarang digunakan, maka komponen-komponen yang ada di dalamnya akan menjadi dingin. Jika hal tersebut dibiarkan seperti itu, maka komponen-komponen dalam laptop bisa konslet ketika akan dipakai lagi.

    Oleh karena itu, dianjurkan untuk sesekali menyalakan laptop meskipun tidak akan digunakan. Jangan lupa untuk mematikan laptop kembali jika tidak ingin rusak.

  4. Usahakan laptop dalam posisi terbuka



    Membuat laptop dalam keadaan terbuka sudah terbukti dapat mengurangi tingkat kerusakan pada keyboard, apalagi jika laptop sudah tidak pernah lagi digunakan. Alternatif lainnya yaitu menempatkan latop dengan keadaan terbuka pada lokasi yang terkena sinar matahari atau kering, jangan di tempat yang lembab.

  5. Isi ulang daya baterai laptop



    Meskipun laptop tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama, jangan lupa untuk selalu mengisi daya baterainya. Baterai yang terpasang pada laptop akan berkurang kapasitasnya meskipun Anda tidak sedang menggunakan laptop tersebut.

    Agar kapasitan baterai laptop tetap terjaga meskipun tidak sedang digunakan, sesekali isi daya baterai untuk mencegah kondisi laptop menjadi lembab. Rutinlah mengisi daya baterai 2-3 minggu sekali.

  6. Bersihkan secara rutin



    Tidak peduli ​harga laptop Lenovo terbaru ​ini mahal atau murah, laptop pun perlu dijaga kebersihannya. Laptop yang dibersihkan secara rutin akan menjaga laptop tetap awet dalam jangka waktu yang lebih lama. Debu dan kotoran yang menempel pada laptop dapat mempengaruhi kinerja laptop Anda ketika akan digunakan kembali.

Demikianlah beberapa tips merawat laptop yang jarang digunakan. Jika Anda membutuhkan laptop baru, Anda bisa mengunjungi marketplace Bukalapak.com dan temukan ​harga laptop Lenovo terbaru ​beserta spesifikasinya. Belanja di Bukalapak.com membuat transaksi menjadi lebih mudah dan aman.

Apa Reaksi Kamu?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});