Tips meredakan stres

Liani
Liani

Tips meredakan stres

Stres dapat mempengaruhi produktivitas Anda dan kesehatan fisik dan mental. Kabar baiknya, stres dapat dikelola dan dikurangi bahkan disingkirkan dengan mudah. Bagaimana caranya?

1.Berkemah

Bila tidak memungkinkan untuk melakukan perjalanan jauh, Anda bisa membangun tenda di halaman rumah Anda untuk mencoba berkemah sejenak. Matikan semua gadget Anda dan nyalahkan api unggun untuk bersantai serta mengusir rasa penat karena stres yang Anda miliki.

2.Meditasi

Ribuan tahun sudah orang menggunakan meditasi untuk alasan yang berbeda. Namun, saat ini, meditasi digunakan sebagai pereda stres. Proses meditasi bisa menurunkan tekanan darah dan produksi hormon stres. Semakin banyak Anda bermeditasi semakin sedikit stres Anda. Meditasi tidak harus duduk di satu tempat dengan pose khusus. Tapi, bisa Anda lakukan di mana saja asal itu menenangkan.

3.Travelling

Jalan-jalan perlu Anda lakukan untuk meredakan stres. Kunjungi tempat baru, bertemu dengan orang baru dan keluarlah dari zona kenyamanan Anda. Cari tempat travelling yang sekiranya bisa membawa ketenangan untuk Anda seperti pantai atau pegunungan.

4.Tertawa

Tertawa adalah penawar yang paling ampuh untuk stres yang melanda Anda. Tertawa juga dapat meningkatkan energi, memperkuat sistem kekabalan dan menurunkan hormon stres sehingga memicu pelepasan endorfin. Apabila Anda malas berkumpul dengan orang-orang, Anda bisa menonton film atau acara televisi yang bisa membuat Anda tertawa lepas.

5.Putar musik favorit

Studi menyebutkan mendengarkan musik kesukaan dapat meningkatkan suasana hati Anda. Ini karena musik memiliki dampak yang baik pada otak dengan mengendalikan emosi dan mengontrol tekanan darah. Musik dengan ritme lambat juga dapat memperlambat tekanan darah Anda. Musik klasik merupakan yang paling efektif untuk mengurangi tingkat stres.

6.Baca buku

Ambil buku favorit Anda dan baca itu untuk menenangkan pikiran Anda. Ini adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi stres. Membaca buku juga dapat membantu Anda tidur lebih baik. Penelitian juga menunjukkan bahwa buku dapat meringankan depresi. Intinya, pilihlah buku yang membuat Anda lebih bersemangat lagi.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});