Tips Mudik untuk Mahasiswa Rantau

Ahmad Mashudin
Ahmad Mashudin

Tips Mudik untuk Mahasiswa Rantau

WinNetNews.com -  Bagi mahasiswa rantau, perjalanan mudik menjadi salah satu momen untuk bisa bertemu keluarga di hari raya. Tidak heran jika para mahasiswa ini begitu senang untuk menyambut Lebaran dengan kembali ke kampung halaman masing-masing.

Supaya mudikmu menjadi aman dan nyaman, ada baiknya kamu memperhatikan beberapa hal berikut ini sebelum meninggalkan kamar kosmu.

Simpan barang berharga

Jika memutuskan tidak membawa barang berharga seperti laptop, pastikan semua barang yang kamu tinggalkan di kamar kos disimpan dengan baik di tempat-tempat yang aman dan tersembunyi. Jika perlu, titip barang berhargamu ke teman yang tidak mudik.

Gandakan kunci

Sebelum kamu berangkat mudik, enggak ada salahnya menggandakan kunci kamar kos. Kamu bisa menitipkan kunci cadangan ke penjaga rumah kos, sehingga bisa dipakai jika terjadi sesuatu di kamar kos saat kamu mudik. Kunci cadangan juga amat berguna jika ternyata kunci aslimu tertinggal di kampung halaman ketika kembali ke rumah kos.

Cabut listrik

Salah satu kebiasaan anak kos adalah memakai kabel sambungan dan cabang untuk menyuplai listrik ke semua peralatan elektronik. Sebelum mudik, pastikan enggak ada peralatan listrik menyala dan semua kabel sudah dicabut dari stekernya. Langkah ini penting untuk mencegah terjadinya korslet.

Titip ke penjaga kos

Sampaikan rencana mudikmu ke penjaga kos. Jangan lupa berpamitan dan titipkan kamar kosmu padanya. Dengan begitu, dia akan bisa menjaga dan memastikan semua yang ada di kamar kos-mu aman.

Apa Reaksi Kamu?