Tips Ramadhan: Cara Menyimpan Bumbu Dapur Supaya Masak Bisa Lebih Praktis

Rani
Jumat, 19 Mei 2017 10:20 WIB
Oleh Rani pada Jumat, 19 Mei 2017 10:20 WIB
Image Tips Ramadhan: Cara Menyimpan Bumbu Dapur Supaya Masak Bisa Lebih Praktis
tips menyimpan stok bumbu dapur saat bulan ramadhan agar awet dan masak lebih praktis / foto: istimewa

winnetnews.com - Bumbu dapur kering seperti rempah dan garam tentunya perlu ada saat bulan puasa. Benda-benda ini tidak boleh absen dari dapur supaya memasak kamu lebih praktis, cepat dan maksimal. JIka sembarangan menyimpan benda-benda ini,bisa merugikan kamu loh. Karena kualitas bumbu dapur jadi tidak bisa bertahan lama. Selain harus teleti ketika membeli, kamu juga harus benar-benar memperhatikan cara menyimpannya. Berikut ini tipsnya.

1. Lada

Lada putih dijual dalam bentuk butiran atau bubuk. Lada berkualitas baik punya warna cerah. Sementara lada bubuk yang bagus berwarna krem pekat. Perlu hati-hati juga memilih lada karena ada yang oplosan dicampur tepung atau nasi karak.

Kalau ingin lebih segar, bisa beli lada butiran. Kemudian giling sendiri dengan grinder atau ulekan supaya kesegaran, aroma dan kualitasnya lebih terjamin.

Untuk penyimpanan, simpan dalam kemasan kedap udara, tidak terkena panas sinar matahari langsung dan juga suhu panas. Bila mengiling sendiri, beri label tanggal penggilingan pada kemasan bumbu. Supaya tetap layak pakai.

2. Garam

Beli garam secukupnya sesuai kebutuhan. Garam sebaiknya disimpan dalam wadah tertutup dan kering. Tempatkan juga garam di wadah kecil supaya mudah ditaburkan dan kualitas terjaga.

3. Ketumbar

Biji ketumbar dijual dalam bentuk butiran atau bubuk. Sebaiknya beli secukupnya untuk persediaan agar lebih segar.

Lebih baik membeli ketumbar utuh lalu dihaluskan sendiri. Sangrai terlebih dahulu untuk memberi aroma dan rasa lebih kuat pada masakan. Selanjutnya tempatkan ketumbar dalam wajan kering tanpa minyak. Panaskan di atas api sedang sambil diaduk. Kalau sudah mengeluarkan aroma, matikan api. Setelah dingin, bumbu ini bisa dihaluskan.

4. Cabai kering

Cabai merah kering cukup banyak dipakai dalam hidangan. Selain memberi rasa pedas, cabai ini juga memberi warna merah lebih bagus. Misalnya pada olahan sambal goreng atau kari.

Untuk jenis cabai merah kering, ada yang besar atau keriting. Terdapat pula varian flakes (dimemarkan kasar) dan powder (bubuk) yang lebih praktis. Simpan cabai merah kering dalam wadah tertutup dan kering. Kalau terlalu lama disimpan, cabe akan berkurang pedas, berwarna agak kehitaman dan agak pahit.

Sosok N yang Diduga Terkait dengan Penyiraman Air Keras Kepada Novel Baswedan
Sesi I: IHSG Ditutup Stagnan di 5.909

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.