Skip to main content

Tips Sahur saat Puasa untuk Ibu Hamil

Tips Sahur saat Puasa untuk Ibu Hamil
Tips Sahur saat Puasa untuk Ibu Hamil

winnetnews.com - Saat wanita sedang hamil, kondisi fisiknya akan sangat berbah menjadi lebih sensitif. Tak jarang kesehatan fisik ibu hamil akan terganggu. Sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya ibu hamil harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau bidan desa.

Wanita hamil/menyusui yang memutuskan tetap menjalankan ibadah puasa Ramadhan harus sahur. Sebab hakikatnya sahur adalah sarapan yang berfungsi untuk menghasilkan energi yang akan digunakan sehari nanti. Berikut tip sahur untuk ibu hamil:

1. Pilih makanan yang mencukupi dengan prinsip gizi cukup dan seimbang. Komposisi yang seimbang adalah 50% karbohidrat, 30% protein dan 10-20% lemak. Makanan yang mengandung karbohidrat misalnya nasi, gandum, makanan yang mengandung protein tinggi misalnya daging, ayam, tahu/tempe. Tip sahur untuk ibu hamil menjadi acuan penting.

2 Usahakan ada sayuran dan buah dalam menu sahur. Manfaatnya supaya BAB lancar sehingga tidak terjadi konstipasi. Biasanya menu sahur kurang serat sehingga urusan ke belakang jadi tak lancar. Padahal BAB yang tidak lancar berpotensi menyebabkan gangguan seperti wasir pada ibu hamil.

3. Minum susu sangat disarankan untuk menambah kekuatan. Tapi yang harus diperhatikan bila kadar gula darah ibu hamil/menyusui tergolong tinggi atau bahkan terjadi diabetes gestasional, sebaiknya gunakan susu dan pemanis yang aman/disarankan.

4. Makanan pedas memang menggungah selera, apalagi untuk makan sahur yang dilakukan di pagi buta. Tapi ingat, makanan yang terlalu pedas tidak disarankan untuk ibu hamil/menyusui. Kalaupun ingin makanan yang pedas, sebaiknya tidak berlebihan. Tip sahur untuk ibu hamil ini penting untuk kesehatan pencernaan ibu hamil.

5. Jangan lupa minum obat (bila memang ada obat yang harus diminum) dan banyak-banyak minum air putih.

6. Sebaiknya makan sahur tidak dilakukan terburu-buru. Konsekuensinya ibu harus bangun lebih awal. Apalagi untuk ibu menyusui, pastikan si kecil dalam keadaan kenyang sehingga tidak terbangun/menangis saat ibunya makan sahur.

Apa pendapat Anda mengenai artikel ini?

Loading Rating...

Komentar:

Loading...
Top