Tips Sembuhkan Sariawan

Nadia Chevina
Jumat, 14 Agustus 2015 15:20 WIB
Oleh Nadia Chevina pada Jumat, 14 Agustus 2015 15:20 WIB
Image Tips Sembuhkan Sariawan

Sariawan adalah salah satu masalah mulut yang terlihat sepele tapi rasa sakitnya sangat mengganggu. Namun kini, ada cara yang lebih mudah untuk menyingkirkan sariawan dari mulut. Menurut penelitian terbaru dalam jurnal Quintessence International, madu sangat aman dan efektif mengobati sariawan, karena dapat berperan sebagai kortikosteroid topikal.

Melansir laman kompas, dalam sebuah studi di Arab Saudi, peneliti secara acak membagi 94 subyek dengan 180 sariawan menjadi tiga kelompok. Satu kelompok diberi madu untuk digunakan sebagai pengobatan sariawan, dan dua kelompok lainnya diberikan kortikosteroid topikal dan pengobatan Orabase (berbentuk pasta yang dioleskan ke bagian sariawan dan berperan sebagai pelindung).

Semua partisipan diminta untuk membersihkan sariawan dengan kapas, dan rutin menerapkan pengobatan masing-masing setelah makan selama delapan hari, hentikan penggunaan jika sariawan telah sembuh ssepenuhnya sebelum delapan hari.

Mereka juga diberitahu untuk merekam tingkat rasa sakit dan berbagai reaksi dalam sebuah jurnal, sementara para peneliti mengevaluasi ukuran dan tingkat peradangan di kantor selama penelitian.

Hasilnya, orang yang menggunakan madu untuk penyembuhan, merasakan sakit hanya satu hari (umumnya 3-5 hari), ukuran luka sariawan lebih cepat mengecil, dan peradangan lebih cepat sembuh dibanding mereka yang menggunakan pengobatan lain.

Para peneliti menyimpulkan, bahwa madu adalah pengobatan yang efektif seperti yang telah dilakukan dan dipercaya sejak lama.

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan, bahwa madu memiliki manfaat anti inflamasi dan analgesik, inilah mengapa para peneliti ingin melihat efektivitas madu dalam mengobati sariawan.

Tentu ini adalah hasil yang menyenangkan, di mana kita dapat memanfaatkan madu sebagai obat sekaligus menikmati rasa manisnya. Jadi, jika luka kecil di dalam mulut muncul dan membuat Anda sakit kepala, jangan ragu untuk segera mengoleskan madu.

Cara Memakai Tas yang Tepat Agar Tidak Mencederai Tubuh
Perang Dagang Amerika dan China Makin Panas, Investor Ramai-ramai Tahan Dana

Reaksi Kamu

Tanggapan Pembaca

    Belum ada Tanggapan

    Jadilah yang pertama memberikan tanggapan

Sekilas Tentang WinNetNews

Situs WinNetNews.com merupakan portal berita dan informasi teraktual perihal berbagai peristiwa di nusantara maupun mancanegara. Kelengkapan, keakurasian serta aktualitas berita dan informasi WinNetNews.com telah membuat tingkat baca artikel-artikelnya naik secara signifikan walaupun usia WinNetNews.com sebagai portal berita baru seumur jagung.