Tips seputar bagaimana Anda bisa mencapai puncak karir

Liani
Liani

Tips seputar bagaimana Anda bisa mencapai puncak karir

Anda mencari sesuatu yang lebih, yakni sebuah pengakuan dan kesuksesan dalam karir. Untuk itu, Anda harus bisa memperhatikan berbagai aspek dalam pekerjaan yang bisa mendorong Anda untuk bisa mencapai puncak karir.

Berikut ini adalah beberapa tips seputar bagaimana Anda bisa mencapai puncak karir, seperti yang dilansir Hongkiat

1. Tentukan tujuan karir

Di luar dari mengikuti nilai-nilai perusahaan, Anda pun perlu menentukan arah kehidupan. Karir dan kehidupan Anda lainnya tentu berkaitan, jadi jangan lupa menentukan tujuan karir yang tidak bertentangan dengan tujuan hidup Anda.

Ketahui apa yang menjadi passion Anda. Apa yang ingin Anda lakukan dalam jangka waktu panjang? Apa yang Anda anggap paling bernilai dalam hidup?

Dengan menjawab sejumlah pertanyaan ini, Anda pun akan lebih hati-hati dalam mengambil keputusan saat meniti karir.

Bukan hanya tujuan jangka panjang yang perlu Anda pikirkan, tapi juga tujuan jangka pendek yang nantinya bisa memenuhi tujuan Anda dalam waktu-waktu mendatang.

2. Bangun reputasi positif

Tergantung pada keahlian Anda dan kualitas Anda sebagai karyawan, maka penting bagi Anda untuk membangun reputasi yang positif dengan siapa pun Anda berhubungan.

Anda bisa dikenal sebagai karyawan yang proaktfi, yang selalu memberikan inisiatif dalam bekerja dan memberikan solusi saat proyek yang Anda kerjakan mengalami masalah.

Bisa juga, Anda menjadi karyawan yang diandalkan karena dikenal sebagai karyawan yang selalu menyelesaikan pekerjaannya tepat waktu.

Apa pun itu, orang-orang di lingkungan kantor pasti akan mendengar tentang reputasi positif Anda. Inilah yang akan membantu Anda berkembang secara profesional saat meniti karir.

3. Jaringan kerja

Satu hal hebat tentang membangun jaringan kerja adalah hal itu tidak bisa berhenti, seperti sebuah lingkaran. Misalnya saja Anda berkenalan dengan seorang teman kuliah dari rekan kerja Anda, yang kemudian mengenalkannya dengan temannya lagi.

Cara seperti itulah yang bisa menambah pertemanan Anda di dunia kerja dan siklusnya tidak akan berhenti, selama Anda tidak pernah berhenti bersosialisasi.

Cobalah untuk selalu menjaga hubungan baik dengan siapa pun yang ada dalam jaringan kerja Anda, karena suatu saat nanti Anda mungkin akan membutuhkan bantuan mereka terkait pekerjaan.

Bukan berarti Anda harus selalu mengambil keuntungan dari sebuah pertemanan. Ini artinya Anda harus bisa bersikap sopan dan profesional kepada siapa saja yang ada di jaringan kerja.

4. Bekerja di luar bidang Anda

Jika Anda ingin berkembang dalam karir, jangan hanya membatasi diri dalam ‘kolam kecil’ saja. Anda juga perlu keluar sejenak dari zona nyaman dan belajar untuk melakukan pekerjaan di luar bidang Anda.

Dengan begitu, Anda bisa mendapatkan keahlian sekaligus pengalaman baru, yang mungkin bermanfaat bagi kemajuan karir.

Dalam perusahaan, misalnya, cobalah cari tahu bagaimana manajemen dalam perusahaan itu berjalan. Cara ini bisa menambah pengetahuan Anda untuk mengambil keputusan yang bijaksana dan mengetahui cara menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

5. Mengikuti visi perusahaan

Sebuah visi atau misi akan mengarahkan ke mana organisasi itu berjalan. Perusahaan pun akan lebih menghargai karyawan yang memiliki visi dan misi yang sama.

Jika visi dan misi itu sesuai dengan Anda, maka Anda pun secara alamiah akan bekerja berdasarkan visi dan misi perusahaan.

Dengan mengikuti garis pedoman yang telah dibuat perusahaan, Anda pun akan merasakan keuntungannya bagi karir Anda sendiri.

6. Jaga hubungan baik dengan atasan

Salah satu orang terpenting yang dapat membantu Anda meniti tangga karir adalah atasan Anda. Menjaga hubungan baik dengan atasan tentu saja penting, meski tak selalu berarti Anda harus ‘menjilat’.

Menjaga hubungan baik artinya Anda menjaga komunikasi yang baik dengan atasan, sehingga dia sadar akan aspirasi Anda, perkembangan Anda dalam karir, serta kekurangan dan kelebihan Anda.

Dengan kata lain, jadikan atasan sebagai layaknya mentor yang dapat mengarahkan ke mana Anda ingin pergi. Bicara secara rutin dengan atasan dan tanyakan hal-hal yang membuat Anda ragu.

Tunjukkan pada atasan mengenai apa yang menjadi minat Anda dan bicarakan seputar keinginan Anda untuk berkarir hingga ke puncak.

7. Rendah hati dan banyak bertanya

Saran ini bisa diterapkan bagi Anda yang baru bergabung dalam sebuah perusahaan atau baru saja mulai bekerja. Ini bukan waktu yang tepat untuk menjadi orang yang keras kepala, sebaliknya Anda perlu menyerap pelajaran sebanyak mungkin.

Cobalah beradaptasi dengan sistem dalam perusahaan dan bergaul dengan sesama rekan kerja. Bahkan jika Anda kurang setuju dengan sejumlah aturan perusahaan, terima saja di masa-masa awal ini.

Bersikap terbuka dan mudah menerima merupakan kunci untuk beradaptasi di sebuah lingkungan baru. Meskipun Anda sudah bekerja cukup lama, Anda tetap tidak boleh berhenti belajar dan memperbarui diri.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});