Tips Supaya Bisa Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Jauh
ilustrasi

Tips Supaya Bisa Tidur Nyenyak Saat Perjalanan Jauh

Jumat, 12 Jun 2020 | 12:15 | Rusmanto

Winnetnews.com -  Tidur nyenyak saat melakukan perjalanan jauh memang terbilang sulit. Padahal tidur berkualitas bermanfaat untuk menjaga kondisi Anda tetap fit setibanya di tempat tujuan. 

Tidur nyenyak selama perjalanan juga sangat penting untuk menjaga ritme jam tidur tetap baik, apalagi jika Anda melakukan perjalanan di malam hari.

“Setiap orang memiliki periode optimal ketika tubuh ingin tertidur, biasanya sekitar pukul 11.00 malam sampai pukul 07.00 pagi. Periode ini disebut ‘ritme sirkadian’ atau jam biologis tubuh,” kata Charlene Gamaldo, direktur medis Johns Hopkins Center for Sleep.

“Dan setiap kali Anda melakukan perjalanan jauh, terutama melintasi zona waktu berbeda, ini bisa berpengaruh buruk pada ritme sirkadian Anda,” lanjut Gamaldo.

Tips tidur nyenyak selama perjalanan jarak jauh

image0

Memang sulit mengondisikan tubuh untuk bisa terlelap dengan baik di kursi kendaaraan, baik itu di mobil, bus, kereta, maupun pesawat. Hanya saja, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan tidur berkualitas.

Untuk bisa mendapatkan tidur berkualitas selama perjalanan Anda butuh menyesuaikan beberapa kondisi. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar mendapatkan tidur nyenyak berkualitas selama perjalanan jauh.

1. Kenakan pakaian yang nyaman

Saat melakukan perjalanan jauh kenakan pakaian yang lebih longgar. Usahakan pilih baju dengan bahan yang membuat kulit nyaman dan menyerap keringat.

Ketika bersiap untuk tidur, lepaskan sepatu atau paling tidak kendurkan ikatan talinya. Pakailah selimut berbahan katun atau wol, hindari selimut berbahan polyester sintetis (serat buatan).

2. Kenakan masker penutup mata dan penyumbat telinga

Penutup mata dan penyumbat telingat menjaga barang yang penting untuk dibawa saat hendak melakukan perjalanan jauh.

Cahaya dan suara yang bising seringkali menggangu kenyamanan dan kualitas tidur. Pencahayaan terang membuat sulit tertidur dengan nyenyak, terutama cahaya biru dari layar elektronik.

Untuk menghindari cahaya yang masuk dari jendela kendaraan kenakan masker penutup mata. Dan untuk berjaga-jaga dari suara berisik, jangan lupa membawa headphone kedap suara atau penyumbat telinga.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...