Tips Terhindar dari Kanker Prostat

Tips Terhindar dari Kanker Prostat

Menurut Cancer Research UK, kanker prostat adalah penyebab paling umum kedua dari kematian terkait kanker di Inggris. Maka dari itu, diet yang seimbang sangat dianjurkan untuk mengurangi pengembangan kanker prostat pada tubuh.

Berdasarkan ahli diet, Tara Whyand yang dilansir dari Female First, berikut tips untuk menjaga kesehatan prostat Anda.

Olahraga

Pastikan Anda melakukan olahraga rutin setiap hari dalam seminggu. Setidaknya Anda olahraga sekitar 30 menit-an perhari. Sebab, bila Anda berkeringat itu bisa mengurangi risiko Anda terkena kanker prostat.

Hindari makan daging merah berlebihan

Daging merah itu kaya lemak jenuh sehingga sangat tidak dianjurkan dikonsumsi dalam porsi besar. Setidaknya Anda hanya makan kurang dari 500 gram per minggunya.

Jangan terlalu gemuk

Kegemukan ternyata bisa mengembangkan risiko kanker prostat lebih besar.

Makan banyak sayuran

Makan lebih banyak sayuran seperti brokoli, kubis dan kembang kol yang mengandung senyawa prostat melawan kanker.

Batasi asupan produk susu

Asupan tinggi protein susu dan kalsium susu terkait dengan risiko lebih tinggi terkena kanker prostat. Tidak boleh mengonsumsi berlebihan, cukup tiga porsi susu sehari untuk melindungi tulang dan gigi.

Ganti minyak hewan dengan minyak nabati

Lemak jenuh itu mayoritas diitemukan dalam sumber-sumber hewani. Ini tidak baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan risiko kanker prostat. Minyak nabati seperti minyak zaitun dan kacang akan lebih baik untuk Anda daripada mentega. 

Makan buah berwarna merah

Hal ini diyakini bahwa lycopene dalam buah merah dan tomat membantu melindungi sel-sel prostat. Pastikan Anda mendapatkan asupan lycopene setidaknya 10 mg sehari, atau sama dengan enam buah tomat.

Cari susu alternatif

Minum susu alternatif seperti kedelai, yang diperkaya dengan vitamin dan mineral dan mungkin memiliki manfaat tambahan ketimbang susu murni karena kandungan isoflavon-nya.

Konsumsi buah delima 

Makan delima secara teratur baik untuk kesehatan prostat. Sebab, polifenol yang ditemukan dalam buah delima memberikan sifat kesehatan yang bagus untuk prostat. Direkomendasikan sekiranya makan empat buah delima dalam sehari.

Teh hijau

Minum Teh Hijau diyakini dapat meminimalkan risiko kanker prostat.