Tips Untuk Hilangkan Rasa Minder Kamu

Tips Untuk Hilangkan Rasa Minder Kamu Sumber foto : Istimewa

WInnetnews.com - Perkembangan zaman yang semakin maju tidak selalu membuat semua wanita merasa yakin dengan kemampuannya. Tak sedikit dari mereka yang masih membatasi diri karena minder. Untuk mengatasi rasa minder itu, coba ikuti saran yang diberikan oleh Psikolog Klinis Rosdiana Setyaningrum dan atlet silat sekaligus aktris cantik Prisia Nasution.

Rosdiana Setyaningrum yang akrab dipanggil Diana memaparkan bahwa wanita muda sekarang ini masih suka takut mengekspresikan siapa diri mereka padahal peluang menggapai impian akan terbuka luas bila mereka percaya diri. Hal itu sangat disayangkan karena banyak ilmu serta pengalaman yang dapat menjadi modal kesuksesan.

"Mereka lebih memilih untuk membatasi dan menutup diri. Padahal kesempatan baru justru menjadi alternatif bagi kita untuk meraih mimpi," jelas Diana saat ditemui wolipop ketika workshop 'Percaya Diri Coba Hal Baru, Kenapa Enggak?' yang diselenggarakan oleh Rexona di Kampus Universitas Indonesia, Depok, Kamis (06/12/2012).

Untuk memudahkan Anda tingkatkan rasa percaya diri, inilah langkah-langkah yang bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari.

1. Berpenampilan baik

Cara ini sangat sederhana dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Cobalah memulai dengan berpenampilan baik saat beraktivitas. Cukup tampil rapi, bersih, dan wangi setiap hari. "Start your day dengan berpenampilan baik, aroma wangi, rambut yang rapi, baju yang ngga ribet," saran Diana.

2. Menerima Diri Apa Adanya

Sadari dan terima kekurangan serta kelebihan Anda. Perbaiki kekurangan diri sendiri dengan beberapa langkah sederhana. Diana mencontohkan, misalnya kekurangan Anda terbiasa dengan rasa malas, coba latih diri agar lebih rajin. "Kalau kita punya kekurangan oke kita selesaikan saja pelan-pelan, kekurangan kita apa sih? Kita agak malas gitu ya, kita melatih diri untuk lebih rajin."

3. Selalu Mengeksplor Kelebihan

Selain memperbaiki kekurangan, optimalkanlah kelebihan yang Anda punya. Tingkatkan terus apa yang menjadi keahlian Anda sehingga rasa percaya diri semakin bertambah. "Mungkin kita nggak secakap orang lain, mungkin kita secara prestasi nggak setinggi orang lain, tapi pasti di diri kita ada sesuatu yang lebih yang kita punya, jadi kita berusaha meningkatkan terus kelebihan kita," jelas Diana lagi.

4. Menghargai Diri Sendiri

Hargai setiap prestasi atau pencapaian yang telah Anda lakukan sekecil apapun. Misalnya selesai mengerjakan suatu proyek manjakan diri dengan berbelanja, pergi ke salon, atau kencan di kafe bersama pasangan.

5. Cari Teman yang Selalu Mendukung Anda

Lingkungan sosial seringkali mempengaruhi diri Anda untuk berkembang. Carilah teman-teman yang memang mau menyemangati Anda bukan menjatuhkan. "Yang paling penting kita mencari teman yang lebih positif, kan ada beberapa orang yang hobinya menjatuhkan, sebenarnya lebih enak kalau teman-teman kita adalah orang yang mau membangkitkan semangat," ujar psikolog berumur 39 itu.

6. Meningkatkan Pengetahuan dan Kemampuan

Ini juga cara yang penting untuk menumbuhkan keyakinan diri di depan banyak orang. Diana menyarankan supaya Anda terus mengembangkan skill yang sekiranya dibutuhkan untuk mengejar passion agar semakin maju dan berkembang.

7. Menantang Diri untuk Lebih Maju

Tantang diri Anda supaya lebih berkembang. Bila ada peluang bagus di depan mata, coba kerjakan dengan berbagai persiapan meskipun Anda belum pernah melakukan sebelumnya. "Nyaman dengan diri sendiri, percaya dengan diri sendiri, jadi kita kenal dengan diri kita hingga kita bisa menantang diri kita untuk maju," papar Prisia Nasution yang akrab disapa Pia itu.