Tips untuk Jaga Kesehatan Tulang dan Daya Tahan Tubuh Perempuan Saat New Normal
ilustrasi

Tips untuk Jaga Kesehatan Tulang dan Daya Tahan Tubuh Perempuan Saat New Normal

Jumat, 3 Jul 2020 | 08:59 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), masyarakat diimbau untuk tidak ke luar rumah guna memutus penyebaran virus COVID-19. Diam di rumah membuat seseorang jadi membatasi aktivitas fisiknya, sehingga dapat memengaruhi kesehatannya. Hal ini pun berdampak pada kesehatan tulang dan daya tahan tubuh. Memasuki era new normal, penting untuk menjaga kesehatan tulang dan daya tahan tubuh, terutama untuk perempuan di atas usia 35 tahun.

Hubungan antara aktivitas fisik, kesehatan tulang, dan perempuan

image0

Sebagian orang lebih suka menghabiskan waktunya di luar rumah saat berolahraga. Selain mendapatkan pemandangan yang berbeda, juga bisa bercengkerama bersama kawan lainnya. Sayangnya, hal ini tak bisa dilakukan secara leluasa saat PSBB.

Sebagian besar masyarakat jadi menghabiskan waktunya di rumah. Kondisi ini menyebabkan aktivitas fisik seseorang berkurang. Padahal, aktivitas fisik menjadi upaya penting dalam menjaga kesehatan tulang, terutama untuk kalangan perempuan di usia 35 tahun ke atas.

Kesehatan tulang merupakan bagian vital yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Ketika seseorang terbiasa dengan pola hidup sedenter atau kurang aktivitas fisik menyebabkan ia kehilangan massa tulang.

Jika tak mengubah pola hidupnya, hal ini bisa meningkatkan risiko osteoporosis. Osteoporosis merupakan kondisi ketika tulang kehilangan massanya, sehingga jadi mudah patah dan retak. 

Osteoporosis bisa menyerang siapa saja, terutama perempuan. Mengapa perempuan jadi sorotan? Sebab, semua perempuan akan memasuki tahap menopause. Di masa menopause, hormon estrogen perempuan menurun dan ini dapat berpengaruh pada hilangnya massa tulang. Proses alami ini membuat perempuan lebih rentan osteoporosis.

Di samping itu, kurangnya aktivitas fisik juga membuat daya tahan tubuh menurun. Daya tahan tubuh yang lemah bisa membuat Anda lebih mudah terkena flu, batuk, atau penyakit lainnya.

Maka itu, perempuan perlu memperhatikan dan menjaga kesehatan tulang untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Salah satunya dengan cara melakukan aktivitas fisik. 

Selain menguatkan otot, aktivitas fisik juga berdampak pada penguatan sistem imun. Di masa pandemi COVID-19, tentunya daya tahan tubuh yang kuat agar tak mudah sakit sangat dibutuhkan. 

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...