Tips untuk Membersihkan Telinga yang Aman dan Benar
ilustrasi

Tips untuk Membersihkan Telinga yang Aman dan Benar

Senin, 22 Feb 2021 | 13:00 | Rusmanto
Winnetnews.com - Membersihkan telinga tidak boleh asal-asalan. Pasalnya, telinga adalah salah satu organ yang sangat penting dan sensitif. Itu sebabnya, Anda harus berhati-hati ketika membersihkan telinga. Lantas, bagaimana cara membersihkan telinga yang benar dan aman? Simak panduannya dalam artikel ini.

Mengenal anatomi telinga manusia

image0

Sebelum mengetahui bagaimana cara membersihkan telinga yang benar, ada baiknya pahami dulu anatomi telinga Anda sendiri. Secara garis besar, telinga manusia terdiri dari tiga bagian, yaitu:

  • Telinga luar (outer ear). Bagian ini berfungsi untuk menangkap suara dan melokalisasi suara.
  • Telinga tengah (middle ear). Bagian ini berfungsi untuk menghantarkan suara yang telah dikumpulkan dari daun telinga ke telinga bagian dalam.
  • Telinga bagian dalam (inner ear). Bagian telinga ini disebut dengan rongga labirin yang berfungsi membantu menjaga keseimbangan tubuh dan menyalurkan suara ke sistem saraf pusat.

Ketiga bagian telinga tersebut menjadi saluran suara dari luar untuk masuk dan diterjemahkan di otak. Otak lalu menerjemahkan sinyal ini sebagai suara.

Setelah mengetahui anatomi telinga, Anda pasti memahami bahwa telinga bukan hanya sebagai alat mendengar, tapi juga menjaga keseimbangan tubuh. Ya, telinga membantu menjaga keseimbangan agar Anda bisa berjalan, melompat, dan berlari tanpa terjatuh.

Bila Anda merasakan gangguan pada telinga, segera periksa kesehatan Anda ke dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...