Tips Untuk Membuat Ruang Relaksasi di Rumah Sendiri

Liani
Liani

Tips Untuk Membuat Ruang Relaksasi di Rumah Sendiri
WinNetNews.com - Bila mengecek kalender tahun 2016, ada cukup banyak tanggal merah di hari kerja yang letaknya berdekatan dengan libur akhir pekan. Periode libur panjang ini akrab kita kenal dengan istilah long weekend.

Mereka yang memiliki dana lebih bisa memanfaatkannya dengan berlibur ke kampung halaman atau destinasi wisata menarik di Indonesia. Akan tetapi bagaimana dengan mereka yang punya dana terbatas? Tak perlu iri, mereka juga bisa berwisata alam di rumah.

Ahli Lansekap, Jason Hodges, percaya banyak orang yang memilih untuk menghabiskan lebih banyak waktu di halaman belakang rumah mereka sendiri selama liburan panjang.

Tergantung pada tujuan Anda, Jason memiliki beberapa tips untuk membuat ruang relaksasi di rumah sendiri. Jadi, inilah saat yang tepat untuk menciptakan oase impian Anda. Bagaimana caranya? Simak ulasan selengkapnya seperti ditulis Rumah.com pada Jumat (15/1/2016),berikut ini.

 

Retreat di Bali

Jika ingin menciptakan sebuah taman ala Bali, unsur utama yang harus diciptakan adalah ketenangan. Karena rasa tenang adalah hal yang paling dibutuhkan untuk relaksasi di luar ruangan.

Selain itu, jangan lupakan kehadiran air yang sangat penting untuk menguatkan kesan Bali. Anda bisa meletakkan sebuah air mancur bambu atau kolam kecil yang dihiasi batu alam warna-warni.

Atau bagi Anda yang menginginkan nuansa mewah, melakukan perawatan spa sendiri di halaman belakang rumah juga bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Caranya, lakukan sauna untuk menghilangkan kotoran dan menyegarkan tubuh. Tak perlu menggunakan alat sauna, hanya dua set handuk panas untuk membungkus tubuh Anda.

Kegiatan ini bisa Anda lakukan di taman belakang rumah sambil menikmati gemericik air yang jatuh di pancuran.

Selepas itu, taburkan mawar di bak kamar mandi yang berisi air hangat, lalu berendam lah. Agar wanginya semakin menggoda, beri beberapa tetes minyak zaitun yang menenangkan. Untuk efek yang lebih relaks, buat lampu kamar mandi sedikit temaram, lalu pasang musik yang lembut.

 

Nuansa Pedesaan

Pedesaan sering dianggap sebagai alternatif paling sempurna untuk menjauhkan diri dari keramaian dan hiruk pikuk kota. Untuk meniru nuansa ini, tanamkan satu jenis tanaman hijau –cemara kipas, misalnya- di seluruh panel pagar halaman belakang rumah.

Menyalurkan nuansa pedesaan dengan outdoor lounge seperti gazebo juga bisa dijadikan pilihan relaksasi terbaik. Tempatkan dua atau tiga bantal yang empuk di dalamnya serta beberapa kudapan untuk menemani waktu santai di liburan Anda.

Agar nilai privasi lebih terjaga, pastikan dinding pembatas di halaman belakang rumah memiliki tinggi lebih dari 2 meter.

 

Suasana Pesisir Pantai

Halaman belakang bertema pantai adalah solusi terbaik untuk menghilangkan stres akibat setumpuk pekerjaan.

Beruntung bagi Anda yang memiliki sebuah kolam renang sederhana, dekorasi yang tepat untuk menonjolkan nuansa pantai adalah pohon kelapa dan hamparan pasir putih di satu sisi. Jika sulit menemukan pasir putih, alternatifnya adalah granit dekomposit.

Saat malam hari tiba, Anda bisa membuat sebuah api unggun dari kayu dan mengundang sahabat dekat untuk menikmati acara barbekyu. Letakkan bebatuan yang dibentuk melingkar untuk menjaga percikan api dan abu kayu.

Jika Anda tak memiliki kolam renang di halaman belakang rumah, jangan kecewa dulu. Nuansa pantai tetap bisa dihadirkan dengan menggantung lampu-lampu di pohon untuk menambah suasana dramatis pada malam hari.

Apa Reaksi Kamu?