Tips untuk Memilih Air Minum Kemasan
ilustrasi

Tips untuk Memilih Air Minum Kemasan

Jumat, 31 Mei 2019 | 15:54 | Rusmanto

Winnetnews.com - Salah satu bekal yang paling sering dikonsumsi oleh orang-orang adalah air minum kemasan. Sering kali, air minum kemasan dicari saat kita sedang melakukan perjalanan, termasuk perjalanan mudik. Mengingat ada banyak sekali merek air minum kemasan yang bisa kita beli, sebaiknya kita juga harus lebih cermat dalam memilih air minum kemasan yang baik dan aman untuk kesehatan tubuh.

Tips memilih air minum kemasan

Air minum tak hanya menghilangkan rasa haus. Hal ini bisa mencegah dehidrasi dan menjaga keseimbangan cairan tubuh. Keberadaan cairan yang baik akan membuat berbagai organ, sistem, dan jaringan tubuh mampu bekerja dengan baik sehingga tubuh pun akan terasa bugar dan segar.

Berikut adalah beberapa hal yang patut untuk kita perhatikan saat memilih air minum kemasan.

1. Selalu cek tanggal kedaluwarsa yang tercantum di dalam kemasan air minum

Meskipun kebanyakan penjual atau toko selalu memperhatikan tanggal kedaluwarsa dari produk yang mereka jual, bukan berarti kita bisa sembarangan membelinya. Kita harus selalu mengecek tanggal kadaluarsa dari berbagai produk makanan atau minuman yang kita beli, termasuk air minum kemasan.

Sebagai informasi, kebanyakan bahan plastik yang dipakai sebagai pembuat kemasan air minum adalah yang berjenis polyethylene terephthalate (PET), serta high density polyethylene (HDPE). Bahan-bahan ini bisa mengontaminasi air jika disimpan terlalu lama.

Jika kita memilih air minum yang sudah disimpan terlalu lama atau bahkan sudah melewati tanggal kadalurasa, dikhawatirkan kita mengonsumsi air yang sudah terkontaminasi partikel plastik dari kemasannya sehingga aroma dan rasanya pun mengalami perubahan.

2. Cek penempatan air minum kemasan yang dijual

Jika air kemasan yang dijajakan berada di posisi luar ruangan dan berpotensi terpapar sinar matahari secara langsung, sebaiknya kita tidak memilihnya. Hal ini disebabkan oleh panas dari sinar matahari yang bisa saja membuat perubahan pada bahan plastik kemasan air mineral yang tentu akan mengubah komposisinya. Selain itu, pastikan untuk tidak memilih air minum kemasan yang ditempatkan dekat dengan bahan-bahan kimia berbahaya seperti pestisida.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...