(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Tips Untuk Menemani Teman Yang Sedang Berduka

Rike
Rike

Tips Untuk Menemani Teman Yang Sedang Berduka
WinNetNews.com- Dalam hidup itu ada suka dan ada duka. Semua manusia pasti pernah mengalami keduanya. Bahkan orang yang paling ceria di muka bumi ini pun pernah merasakannya.

Kita semua pasti pernah menemukan seorang teman yang kita kenal dalam sehari-hari sangat ceria dan gembira tapi suatu hari datang bertemu kita dalam keadaan tidak menyenangkan dan berwajah muram. Baik itu karena ada masalah dalam hidupnya yang tidak terpecahkan atau baru saja ditinggal oleh orang yang disayanginya seperti kehilangan karena kematian orangtuanya atau anggota keluarganya.

Dalam kondisi seperti ini, rasanya mengajaknya tertawa tidaklah mungkin. Tapi ada beberapa cara bagi kita supaya si ceria yang sedang muram kembali bersemangat memulai harinya. Sebagai teman yang baik, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan.

1. Temui dia secara fisik dan Dengarkan

Sebaiknya saat sedang bersedih atau si ceria keliatan muram setelah kehilangan, kita menemuinya secara fisik sebab ini lebih membuatnya merasa nyaman. Terdapat kontak mata dan kontak fisik. ketimbang hanya menemuinya lewat pesan teks seperti email, wa, bbm, sms dan lainnya.

Di saat itu, coba dengarkanlah keluh kesahnya. Mungkin ia akan nampak seperti orang yang sedang marah tetapi pahamilah, bahwa sebenarnya yang ia butuhkan hanya perhatian untuk didengarkan saat sedang berduka. Dengarkan juga ingatan memori yang dia ingat terhadap sesorang yang telah hilang dari hidupnya. Ketika berbicara dengannya usahakan gunakan kata-kata dengan bijak sehingga ia tidak kembali drop dalam kemuramannya.

2. Tawarkan bantuan

Tawarkanlah bantuan untuk membantu persiapan tahlilan atau penghiburan untuk orang yang meninggal. Bantu mencuci piring, membersihkan rumahnya dan bantuan kecil lain yang bisa membuat ringan dirinya saat berduka.Tanyakan dahulu bila menawarkan makanan yang banyak. Kalau teman sedang mengalami rasa duka baiknya nih kita tanyakan lebih dahulu apa kebutuhannya. Kan kadang kala teman suka merasa tak enak makan dalam keadaan duka.Bantulah sampai teman kita yang ceria dapat menjalani harinya lebih baik dari hari-hari sebelumnya.

Semoga membantu.

Dari berbagai sumber

Foto:http://health.usnews.com

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});