Tips untuk Mengatasi Rasa Panas Akibat Memegang Cabai
ilustrasi

Tips untuk Mengatasi Rasa Panas Akibat Memegang Cabai

Senin, 22 Feb 2021 | 10:00 | Rusmanto
Winnetnews.com -  Membayangkan makan nasi panas dengan sambal pedas memang sangat menggugah selera. Namun, mungkin Anda jadi malas jika membayangkan harus mengulek dan mengolah cabainya dulu menjadi sambal. Pasalnya, tangan Anda akan terasa panas akibat cabai. Jangan cemas, atasi dengan trik berikut ini, ya.

Kenapa cabai bisa membuat tangan menjadi panas?

image0

Selain menimbulkan rasa panas diperut setelah memakannya, cabai sering kali menimbulkan efek yang sama di tangan. Rasa panas pada tangan biasanya muncul setelah Anda mengulek cabai atau memotong-motongnya. Mengapa bisa begitu?

Dikutip dari Huffington Post, ternyata cabai mengandung senyawa kimia yang disebut dengan capsaicin. Senyawa inilah yang membuat tangan atau perut terasa panas dan terbakar. Capsaicin merangsang dan mengikat reseptor rasa sakit. Akibatnya, saat reseptor ini diaktifkan tak heran Anda merasakan sensasi panas dan terbakar.

Meski menghasilkan sensasi panas dan terbakar, capsaicin tidak akan membuat Anda mengalami kerusakan jaringan atau luka bakar. Ini karena molekul pada capsaicin hanya berikatan saja dengan reseptor rasa sakit di sekitar tangan Anda.

MOST READ

RELATED STORIES

Loading interface...